Home » , » Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu Agar Si Cantik Tetap Mempesona

Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu Agar Si Cantik Tetap Mempesona

Salah satu daya tarik dari lovebird adalah kecantikan bulunya yang penuh pesona. Kombinasi warna yang cerah dan indah membuat siapapun yang memandangnya betah dan tertarik untuk memilikinya. 

cara ternak lovebird
Lovebird Cantik


Namun, apa jadinya jika bulu yang indah dan mempesona tersebut menjadi botak gara-gara sering dicabuti oleh si burung sendiri? Daya beli konsumen dijamin akan turun dratis melihat kondisi lovebird yang botak sebagian bulunya. 

Jika Anda mengalami masalah ini, segeralah mencari solusi yang tepat agar kelainan ini tidak berkelanjutaan. Penjelasan yang akan diuraikan di bawah ini merupakan suatu cara mengatasi lovebird cabut bulu. Jika Anda mau mengikuti langkah berikut, kecil kemungkinan si burung akan mengulangi kebiasaannya tersebut.

Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu yang Dapat Sebabkan Kebotakan

Ungkapan “Tidak akan ada asap jika tak ada api” menjadi suatu gambaran bahwa segala sesuatu yang terjadi pasti ada penyebabnya. Begitu juga yang terjadi pada burung cantik tersebut yang memiliki kebiasaan buruk mencabuti bulunya sendiri. 

Jadi, Anda identifikasi terlebih dahulu tentang penyebab dari perilaku yang bisa merugikan burung tersebut. Kemudian Anda carikan solusi yang terbaik agar Lovebird tersebut menghentikan aktivitas yang kurang baik itu.

Ketahuilah bahwa penyebab yang paling sering terjadi sehingga menyebabkan si cantik  mencabuti bulunya sendiri ialah karena kutu yang ada di tubuhnya. Perasaan tidak enak dan gatal membuatnya mencabuti bulunya. Jadi, tidak ada salahnya Anda untuk memeriksa bagian tubuhnya apakah terdapat kutu yang hinggap di tubuhnya tersebut atau tidak. 

Jika ternyata benar, maka cara mengatasi lovebird cabut bulu sendiri ialah dengan memandikan dan memberikan sampo pembasmi kutu yang diperuntukan khusus untuk unggas. Badan lovebird yang bebas kutu akan membuatnya berhenti melakukan kebiasaan buruknya itu.

Stress juga bisa menjadi penyebab lovebird mencabuti bulunya sendiri terutama pada bagian dada. Keadaan ini dikarenaka si burung yang merasa kurang nyaman dengan kondisi kandang serta situasi yang ada di lingkungan sekitarnya. 

Usahakan untuk mencari kandang yang tidak hanya besar, tapi juga nyaman untuk dijadikan sebagai rumah kecilnya. Jika tiba saatnya lovebird untuk beristirahat dan tidur, Anda dapat memberikan penutup pada bagian atas sangkar agar ia merasa nyaman dan tenang. Cara mengatasi lovebird cabut bulu dada ini cukup efektif dilakukan agar tetap terlihat cantik dan mempesona.

Selanjutnya, mencabuti bulu sendiri bisa menjadi sebuah indikasi bahwa si cantik sedang membutuhkan sesuatu. Cara mengkomunikasikan pada Anda bahwa ia sedang membutuhkan media untuk bermain adalah cabut bulu. 

Jika lovebird tidak menemukan kayu dalam sangkar untuk menggigit, maka ia bisa melampiaskannya pada dirinya sendiri. Faktor lain yang juga bisa menjadi penyebabnya ialah burung cantik tersebut sedang butuh pasangan untuk melampiaskan birahinya. Jadi, ketika Anda menemukan kondisi ini, cobalah untuk memberikan maianan berupa kayu lunak ke dalam sangkar ataupun memasukkan lawan jenis sebagai jodoh.   

Kebiasaan buruk yang biasa dilakukan ketika selesai mandi tersebut juga bisa disebabkan karena asupan makanan yang kurang tepat. Pemberian pakan berbahan kimia secara berlebihan biasa dilakukan untuk memicu pertumbuhan fisik dan suara agar semakin menarik. 

Cara mengatasi Lovebird cabut bulu setelah mandi ini dapat dihindari dengan cara tidak melakukan hal tersebut. Jadi, lakukan perawatan dengan baik, dan berikan porsi makan serta istirahat secara proporsional agar loverbird tumbuh dan berkembang seperti yang diinginkan.







Thanks for reading Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu Agar Si Cantik Tetap Mempesona

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »