Home » » Sarang Burung Lovebird Yang Baik dan Bagus

Sarang Burung Lovebird Yang Baik dan Bagus

Panen adalah momen yang paling ditunggu – tunggu oleh petani atau pemberdaya. Begitu juga dengan para pemberdaya burung lovebird. Sekarang ini, bisa dibilang pemberdaya sudah mulai banyak. Hal ini juga dipicu karena kemudahan dalam pembudidayaannya. Jika telah pernah sukses menghasilkan keturunan, maka anakan berikutnya akan semakin mudah untuk dipanen.

cara ternak lovebird
Sarang Lovebird


Untuk memperoleh hasil yang maksimal, pemberdaya lovebird  harus memperhatikan sarang burung lovebird. Selain itu, pemberdaya pun juga harus memperhatikan burung lovebirdnya secara teliti. Karena burung lovebird memiliki kriteria yang berbeda – beda terkait masa produk pertama hingga masa produk berikutnya.

Baca juga : artikel tentang Jenis Burung Lovebird


Sarang Burung Lovebird Yang Baik

Untuk memperoleh panen yang maksimal, sarang burung lovebird pun harus dibuat sebaik mungkin. Sarang yang baik adalah sarang yang terbuat dari bahan yang tidak menghasilkan benang. Mengapa demikian? Karena apabila sarang terbuat dari bahan yang mengandung serat, akan mengganggu bayi-bayi lovebird yang baru menetas sehingga panen menjadi tidak maksimal. Bahan sarang  yang tidak boleh anda gunakan tersebut salah satunya adalah kulit jagung.

Burung lovebird memang menyukai sarang yang terbuat dari kulit jagung. Setelah kulit jagung disusun rapi, burung lovebird akan melembutkannya dan akhirnya akan terbentuklah benang-benang halus yang rapi dan nyaman. Namun, sebenarnya sarang tersebut adalah benang yang kuat dan kecil sehingga besar kemungkinan untuk melilit kaki bayi lovebird yang baru menetas.

Panen yang maksimal dapat diperoleh jika daya tetas tinggi. Untuk itu, anda sebaiknya menggunakan sarang yang terbuat dari kayu yang telah dilembutkan oleh burung livebird sendiri. Anda dapat membelinya di toko burung atau bisa juga dengan kayu triplek bekasbyang telah diserut oleh indukan lovebird. Selain serat kayu, bahan sarang yang baik untuk digunakan adalah kayu serat halus dan janggel jagung atau kayu tulang jagung. Bahan yang dianggap baik adalah bahan sarang yang mudah diserat dan tidak akan membahayakan bayi-bayi indukan.


Cara Membuat Sarang Burung Yang Bagus

Pemberdayaan burung lovebird salah satunya adalah melalui tahap penetasan. Oleh karena itu, untuk mendukung penetasan sehingga tercapai hasil yang maksimal harus didukung sarang yang baik dan nyaman. Berikut cara membuat sarang burung lovebirdb yang bagus dan nyaman, sehingga selain nyaman digunakan saat pengeraman juga indah untuk dipandang.

  1. Siapkan bahan berupa serat kayu, sobekan kertas atau lainnya yang dapat digunakan sebagai sarang dan juga toilet rolls
  2. Tentukan landasan sarang dengan menyesuaikan kandang yang digunakan dan siapkan pasahan bambu atau kertas putih
  3. Taruh lapisan gulungan toilet di dalam sarang. Pastikan cukup melindungi bahan sarang sehingga kaki tidak melebar
  4. Masukkan bahan sarang yang anda inginkan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Karena akan diteruskann oleh burung lovebird sendiri.
  5. Masukkan kotak sarang yang telah dirancang ke dalam kandang dengan dilandasi papan datar dan kokoh.
  6. Letakkan pasahan bambu atau kertas putih tadi ke bagian dasr sangkar
  7. Sangkar siap digunakan untuk selanjutnya diproses pembuatannya oleh burung lovebird sendiri.



Untuk memperoleh hasil panen yang maksimal, sarang adalah salah satu hal yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, anda harus memberikan sarang yang baik, nyaman dan bagus bagi burung lovebird anda. Informasi mengenai sarang burung lovebird yang baik dan bagus tentu anda butuhkan. Semoga ulasan yang kami sampaikan diatas dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi anda. Terimakasih.


Thanks for reading Sarang Burung Lovebird Yang Baik dan Bagus

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »