Home » » Jenis Burung Lovebird

Jenis Burung Lovebird

Burung yang mempunyai warna paling indah dan cantik yaitu Lovebird. Jenis burung Lovebird sering dikembangbiakkan oleh para penghobi burung untuk mencari warna-warna baru dan langka.  Semakin unik warna dari burung ini, maka harga jualnya semakin tinggi.Berikut jenis-jenis yang wajib anda simak.
Cara Ternak Lovebird
Jenis Burung Lovebird

Lovebird Muka Salem

Muka salem  ini  merupakan burung lovebird yang bagus dengan paruh bengkok yang berasal dari daerah kering tak jauh dari gurun Namib. Populasi dari burung  ini mempunyai varian warna yang berbeda-bedaPada umumnya paling banyak lovebird bewarna hijau kuning pada tubuh bagian bawah dan bulu dahi serta bagian belakang mata bewarna merah.
Burung ini sangat mudah dijumpai di sebelah selatan Afrika, Namibia, dan Angola. Postur tubuh yang menawan menjadi daya tarik sendiri bagi anda pecinta burung. Biasanya, bulu dahi dan bagian belakang mata berwarna merah.. Dan Sayap Lovebird Muka Salem berwarna hijau, tapi bagian ujungnya berwarna kebiruan.

Lovebird Madagaskar

Burung dengan ukuran tubuh yang relatif lebih kecil dan berbobot hanya mencapai 30-50 gram ini berasal dari afrika. Tubuh bagian atas berwarna hijau dan warna bagian bawah tubuh hijau muda. Sedangkan untuk membedakan jantan dan betina juga tidak sulit, karena Anda bisa dilihat dari segi warna bulu terlebih lagi saat menginjak usia dewasa. Jantan dewasa mempunyai warna abu-abu dibagian kepala dan dada dan untuk betina akan bewarna hijau muda

Lovebird Muka Merah 

Redfaced lovebird atau Labet Muka Merah ini mempunyai perawakan muka dan dahi bewarna merah. Untuk betina warnanya cenderung lebih oranye. Dan melihat dari keseluruhan bagian badanya rata-rata mempunyai kombinasi warna hijau kekuning-kuningan. Selain kakinya berwarna abu-abu.
Burung ini biasanya berukuran panjang tubuh mencapai 15cm. Jenis lovebird ini diketahui mempunyai wilayah penyebaran yang lebih luas daripada yang lain. Jika anda berada atau berkunjung di daerah pesisir pantai Afrika tengah hingga bagian barat Ethiopia, anda akan menjumoai banyak  burung jenis ini. Sayangnya spesies ini susah untuk dikembangbiakan.

Lovebird Lutino

Burung yang berwarna bulu dominan kuning dan merah ini biasanya, bagian tubuhnya berwarna kuning, sementara bagian kepala berwarna merah atau orange. Burung Lutino ini termasuk memiliki nilai jual yang lumayan karena warnanya yang cerah. Untuk usia 2 – 3 bulan bisa dijual dengan harga berkisar 2 jutaan, untuk usia 5 – 6 bulan bisa mencapai 7 jutaan. Dan burung Lovebird jenis ini juga sering diikutkan lomba, terutama lomba kecantikan warna dan kicauan.\

Lovebird Parblue

Burung ini pertama kali ditemukan oleh Felix de Valle dari Amerika. Setelah itu, burung ini dikembangkan ke daratan Eropa, hingga akhirnya sampai ke Indonesia. Nama brung Lovebird Parblue ini dikarenakan burung yang identik dengan warna biru. Sebagian dari tubuhnya berwarna biru. Unikanya, warna kepala bisa berwarna kuning, orange, dan putih. Jenis Lovebird Parblue yang paling terkenal di dunia adalah Lovebird Fischer Parblue dan Lovebird Persotana Parblue.

Lovebird Kacamata Pipi Hitam 

Burung Labet Kacamata Pipi Hitam ini mempunyai ciri-ciri yang mudah untuk dikenali. Hampir seluruh tubuhnya berwarna tubuhnya hijau kekuning-kuningan. Bagian pipi bewarna hitam kecoklatan, kepala coklat, paruh putih dan kakinya bewarna abu-abu.
Untuk jenis ini lebih menyukai hutan gugur di dekat perairan. Saat musim kemarau datang, Kacamata pipi hitam ini akan membentuk kelompok dalam jumlah yang banyak. Ketika ia dewasa panjang tubuhnya bisa mencapai 14cm. Wilayah penyebaran-nya meliputi Barat Daya Zambia dan sekitar air terjun Victoria Zimbabwe.
Demikian tadi beberapa informasi mengenai jenis burung lovebird yang bisa menjadi refensi anda untuk memeliharanya. Semoga menambah pengetahuan teman-teman semua.

Thanks for reading Jenis Burung Lovebird

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »