Home » » Cara Ternak Lovebird dengan Mudah

Cara Ternak Lovebird dengan Mudah

Beternak lovebird memang menjadi usaha yang menjanjikan saat ini, karena burung ini digemari diberbagai kalangan juga berbagai tempat.  Beternak lovebird ini bisa dikatakan susah-susah gampang, bagi pemula mungkin bisa dianggap susah.  tetapi bagi anda yang ingin memulai usaha ini tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan cara ternak lovebird yang mudah.

cara ternak lovebird
Cara ternak lovebird

Lovebird ini merupakan burung yang berasal dari benua Afrika dan bersifat monogamy tetapi burung ini  juga bisa dikawinkan dengan poligami. Burung ini menjadi idola bagi para peminatnya karena  selain memiliki warna dan body  yang cantik, burung ini juga memiliki suara yang indah serta khas dengan karakter ngekeknya.

Untuk mencapai sukses dalam beternak lovebird anda harus memperhatikan beberapa faktor penting terlebih dahulu. Karena factor tersebut yang nantinya kan menentukan kesuksesn dalam perkembangbiakan burung lovebird ini. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara mudah ternak lovebird bagi pemula.


Faktor-Faktor Dalam Beternak Lovebird

  • Trik memilih induk


Dalam memilih indukan, pilihlah jenis yang biasanya banyak diminati dipasaran untuk saat ini adalah lovebird berjenis kacamata atau kleb. Yang perlu anda ingat, umur dan warna juga panjang ekor sangat berpengaruh terhadap  efisiensi ternak lovebird agar cepat menghasilkan anakan.


  • Persiapan kandang beternak Lovebird


Ukuran kandang yang digunkan biasanya  memilki tinggi 2 meter dan panjang 2 meter serta lebar 1,5 meter. Peletakan tempat untuk pakan dan minum baiknya didekatkan  dengan kamar untuk bersarang. 


Anda juga bisa mengisinya dengan dedaunan kering, ranting atau rumput dan sejenisnya agar kandang lovebird tidak terlalu bau.  anda juga bisa menambahkan serbuk gergaji yabg fungsinya akan menyerap kotoran dan sesuatu yang lembab.

  • Memilih jenis kelamin lovebird

Bagi banyak orang terkadang sangat sulit dalam membedakan jenis kelamin burung ini. Tetpi anda tidak perlu khawatir karena kami memiliki beberap acara untuk membedakanya.

Biasanya lovebird betina memiliki ukuran yang lebih besar dari burung jantan. Tetapi biasanya ukuran kepala betina lebih kecil dari pejantan. Lovebird betina juga memiliki tulang panggul yang lebi besar dengan funsinya untuk mempermudah dalam bertelur.

Anda tidak boleh tertipu dengan lovebird yang berpasangan karena biasanya  betina akan berpasangan dengan pejantan yang lainya. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk berpasangan dengan sesame jenis. 

  • Memilih usia produktif

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur pilihlah pejantan yang siap membuahi,  biasanya berusia sekitar delapan bulan. Sedangkan bagi lovebird betina biasanya berusia satu tahun.

  • Cara mengawinkan lovebird


Setelah beberapa persiapan diatas selesai, anda bisa memasukan indukan pejantan terlebih dahulu agar ia  memilih sarang yang mereka sukai.  setelah itu anda baru bisa  memasukan indukan betina ke sarang atau susuhan alas yang telah kita siapkan tadi. Sedangakan untuk waktu mengeramnnya, biasanya burung ini membutuhkan waktu hingga 22 hari sampai 25 hari. Anda sebaiknya tidak mengganggu proses pengeraman ini  kecuali saat induknya mengabaikan anaknya.


  • Menentukan tujun breeding


Cara ternak lovebird agar mendapatkan burung yang memiliki suara yang bagus adalah memilih  betina yang memiliki suara bagus juga. Nah berbeda jika anda ingin mendapatkan burung dengan bulu yang cantik.  Untuk mendapatkanya anda bisa mengawinkan pejantan dengan beberapa betina lainya. Karena burung ini juga bisa dikawinkan dengan metode poligami.


  • Penanganan pasca menetas


Cara ternak lovebird bagi pemula tahap pasca menetas ini  memang salah satu tahap yang paling menegangkan. Anda sebaiknya membiarkan induknya merawat anaknya dengan sendirinya. Selain itu pada awal pertumbuhan anda juga bisa pakan pellet dan bubur bayi kering sebagai proses lolohan. Biasanya 1 indukan dapat  menghasilkan 2-4 ekor anak burung lovebird.


Beberapa cara diatas adalah beberapa trik yang dapat kami berikan terkait dengan cara ternak lovebird mudah bagi pemula.  Anda yang ingin memulai usaha ini dapat  mencobanya sendiri. Semoga informasi yang kami sajikan dapat membantu anda, selamat mencoba.

Baca juga tentang Jenis-jenis burung Lovebird disini 




Thanks for reading Cara Ternak Lovebird dengan Mudah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »