Home » , » Cara Agar Lovebird Ngekek Saat Lomba dengan Mental Baja

Cara Agar Lovebird Ngekek Saat Lomba dengan Mental Baja

Tips Agar Lovebird Ngekek Saat Lomba wajib Anda ketahui. Hal ini bertujuan agar burung Lovebird bisa menjadi jawara dalam perlombaan. Sering terjadi burung Lovebird tidak mau ngekek saat lomba. Padahal kalau di kandang rumah biasanya lancar-lancar saja. Adanya kejadian tersebut bisa dikarenakan burung Lovebird memiliki mental yang kurang, sehingga ia hanya diam di kandang dan cuma mendengarkan kicauan burung lain.

Lovebird Ngekek Saat Lomba

Trik AgarBurung Lovebird Memiliki Mental Baja

Salah satu Cara Tips Agar Lovebird Ngekek Saat Lomba bisa dilakukan dengan memberikan pasangan pada burung Lovebird jantan. Pasangannya juga diikutsertakan dalam perlombaan. Selain itu juga cara yang bisa dilakukan dengan melakukan perawatan secara baik dan benar dan melatih mental baja pada burung Lovebird.

Memahami mood dan karakter burung Lovebird bisa memicu mental baja. Karena yang setiap hari sudah terbiasa dengan burung Lovebird adalah Anda, sudah pasti sudah mengenal mood dan karekternya. 

Sesuatu yang kurang disukai sebaiknya Anda usahakan agar tidak ada di perlombaan.
Selain itu juga menagajak burung Lovebird jalan-jalan di lingkungan dan sekitar rumah. Karena sudah terbiasa dengan lingkungan yang berbeda-beda bisa membuat mental baja burung Lovebird.

Bisa dilatih juga dengan memadukan kicauan burung Lovebird yang sudah bermental baja. Dengan demikian burung Lovebird akan terbiasa melihat burung lain dan tidak ngeper saat perlombaan. 
Mental baja juga perlu dilatih saat anakan (usia muda). Settingan Lovebird Muda bermental baja sangat diperlukan. 

Agar kelak sudah dewasa sudah memiliki mental yang kuat. Hal yang perlu dilakukan yaitu berikan siulan atau tepuk tangan sejak dini sebagai pertAnda Anda menginginkan burung Lovebird berkicau.
Sejak dini sudah terbiasa dipertemukan dengan burung Lovebird yang sudah rajin bunyi. 

Sehingga ketika dewasa sudah terbiasa dengan kicauan burung Lovebird lainnya. Sejak diini menggantangkan burung Lovebird setiap hari diletakkan ditempat yang berbeda-beda. Agar mudah beradaptasi dnegan lingkungan yang baru, terutama di lingkungan perlomban yang ramai.

Selain mental yang perlu di lakukan agar burung Lovebird mau ngekek saat lomba yaitu pengaturan nafasnya. Apalagi saat lomba, diperlukan pengaturan nafas yang panjang dan tahan lama.  Adapun cara mengoptimalkan pernafasan pada burung Lovebird yaitu sebagi berikut

  1. Melatih burung Lovebird dalam kandang umbaran. Mengumbar burung Lovebird  bisa membakar lemak yang tertimbun. Timbunan lemak inilah yang membuat tarikan nafas pada burung Lovebird menjadi pendek dan mudah lelah.
  2. Terapi mandi sampai basah kuyup. Terapi ini bsa mendongkrak kekuatan nafas burung Lovebird. Cara memandikannya cukup simple dengan menyemprotkan air menggunakan hand spray. Pemandiannya dilakukan jangan dengan kasar tapi dengan halus sampai basah kuyup
  3. Menjemur dalam waktu yang lama. setelah dimandikan sampai basah kuyup burung Lovebird segera dijemur. Tidak seperti jemur pakain lhoo, jemurnya tidak boleh melebihi jam 10.00 karena jika sudah melampauinya sudah tidak bagus untuk burung Lovebird dan pastinya akan terasa sangat menyengat.


Ketika burung Lovebird sudah diikutkan lomba, tentunya akan mengurangi kondisi fisiknya. Untuk kondisi fisik yang masih stabil diberikan EBOD VIT 3-5 tetes dalam minuman burung Lovebird. Menjaga kondisi dan stamina burung Lovebird agar tetap satbil. Karena itu juga menentukan mental burung Lovebird.

Setelah kontes burung Lovebird jantan disandingkan betina selama 3-4 menit. Dilakukan pertemuan 1-2 kali dalam beberapa hari. Bahasa lainnya untuk pecinta Lovebird di sebut “treek”. Nah, inilah sekilas penjelasan tentang Perawatan Lovebird Setelah Lomba.






Thanks for reading Cara Agar Lovebird Ngekek Saat Lomba dengan Mental Baja

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »