Home » , » Memilih Indukan Lovebird Bermutu

Memilih Indukan Lovebird Bermutu

Memilih Indukan Lovebird – Memilih baik buruknya sebuah indukan menjadi point penting bagi Anda pecinta burung. Tidak hanya induknya saja yang unggul, akan tetapi pasangan induk yang akan dikawinkan dengan induk Anda juga harus bermutu.Dalam memilih indukan yang bermutu baik, anda harus hati-hati dalam memilihnya. 

cara ternak lovebird
Memilih Indukan Lovebird Bermutu


Nah, untuk mendalami cara memilih indukan lovebird kami akan memaparkannya dengan jelas dan gambling. Berikut ini penjelasannya.

Utamakan Burung yang Sehat. 

Hal terpenting dalam memilih indukan yakni kesehatan burung tersebut. Jangan sampai setelah Anda membeli burung lovebird Anda merasa dikecewakan, karena burung yang Anda beli dalam keadaan sakit. 
Berikut ini ciri-ciri burung lovebird yang sehat.
  • Perhatikan kaki burung. Anda perlu memastikan bahwa kaki burung dalam keadaan sehat. Soalnya, jika kaki burung dalamkeadaan lumpuh, kemungkinan kecil burung tersebut dapat bertahan hidup. Selain itu, pastikan kaki burung dapat mencengkeram kuat.
  • Perhatikan bagian mata burung. Pastikan mata burung dalam keadaan sehat. Kesehatan mata dapat dilihat secara kasat, sepertihalnya warna bening dan cerah pada mata burung lovebird. Jangan sampai burung yang Anda beli memiliki kelainan mata ataupun penyakit mata, seperti snot dan lain sebagainya.

Utamakan Burung yang Gesit

Jika Anda memilih burung yang gesit, bisa dipastikan bahwa burung tersebut sehat secara jasmani. Burung lovebird yang gesit termasuk dalam burung yang bermutu baik.

Burung yang Gemar Berkicau

Burung yang suka berkicau, bisa menjadi salah satu pilihan Anda dalam memilih indukan lovebird yang bagus dan berkualitas baik. Kicau burung lovebird menandakan bahwa burung tersebut sehat, semangat, tidak lesu, dan pastinya sehat.

Rakus pada Makanan

Lovebird yang doyan makan bisa kita jadikan pilihan juga. Semakin rakusnya burung ini dalam mengisi perutnya, akan mengakibatkan meningkatnya kekebalan tubuh si burung. Burung seperti layaknya manusia, burung yang banyak makan menandakan bahwa tubuhnya dalam keadaan yang sehat.

Bulu Rapat, Bersih, Tidak Kusam

Salah satu keindahan burung lovebird yakni keindahan bulunya yang unik. Dalam memilih indukan lovebird yang bermutu, Anda pelu memerhatikan kualitas bulu yang dimiliki burung tersebut. Usahakan bulunya rapat (tidak bercelah), dalam keadaan bersih (tidak kotor atau kusam).

Postur Tubuh Proposional

Burung lovebird yang cantik, harus memiliki postur tubuh yang menarik, arrtinya keseimbangan antara leher, tubuh, dan kaki cocok. Terkadang ada burung yang memiliki leher panjang akan tubuhnya kecil. Burung demikian kurang bagus bila dijadikan indukan.
Kepala Besar

Bagian kepala pada burung Lovebird usahakan lebih besar, karena kepala besar pada burung menandakan besarnya pula nyali si burung. Burung yang memiliki nyali besar biasanya tidak takut pada lawan. Lovebird yang memiliki bentuk tubuh bagus dan cantik akan menambah penilaian tersendiri ketika mengikuti perlombaan.

Sayap dan Kakinya Mengapit

Salah satu pertanda burung Lovebird dalam keadaan yang sehat yakni sayap dan kakinya dalam posisi mengapit. Cengkraman kaki yang kuat juga menandakan keadaan tubuh yang stabil. Burung Lovebird yang sakit akan merebakan badanya dan membuka sayap dan kakinya.

Ciri-ciri utama ketika Anda memilih indukan Lovebird yakni burung terlihat agresif dan sangat aktif. Lovebird memiliki bulu yang rapat dan mengembang (njebrak menurut bahasa jawa) bersih dan cerah, Bola mata yang dimiliki Lovebird juga menjadi pacuan utama. Lovebird yang bermutu tinggi memiliki bola mata yang tidak layu, jernih, dan tajam dalam memandang. Semoga bermanfaat ya.



Thanks for reading Memilih Indukan Lovebird Bermutu

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »