Home » , » Beberapa Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Kawin

Beberapa Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Kawin

Jika Anda seorang pecinta burung pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis burung yang dijuluki sebagai lovebird ini. Warnanya yang cantik dan kicaunya yang sangat merdu membuat banyak orang tertarik untuk mengoleksinya.

Tuntutan konsumen akan burung yang sedang digrandrungi ini membuat banyak peternak burung berlomba-lomba untuk menjual berbagai macam lovebird dengan kualitas suara dan fisik yang menarik. Akan tetapi, masalah muncul ketika burung tersebut tidak mau dikawinkan dengan jodohnya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena di sini akan dibahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi lovebird tidak mau kawin. Tips berikut akan sangat bermanfaat untuk mengatasi burung yang susah kawin ataupun justru kawin dengan tangkringannya sendiri.

Beberapa Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Kawin

Lakukan Langkah InI Sebagai Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Kawin

Satu-satunya cara agar lovebird dapat berkembang biak dan bisa bertelur dengan sempurna adalah dengan mengawinkannya dengan lawan jenis. Namun, masalah terkadang muncul ketika burung cantik itu enggan dengan pasangannya di sangkar.

Banyak penyebab yang menjadi alasan kenapa lovebird baik jantan maupun betina tak mau kawin. Sebagaimana manusia, lovebird yang dipertemukan juga tidak selamanya jodoh. Adakalanya mereka tidak memiliki ketertarikan sama sekali karena merasa tidak cocok dengan pasangannya. Selain itu, jodohan baru yang pertama kali dipertemukan biasanya membutuhkan waktu agar tertarik satu sama lain.

Penyebab lain yang sering terjadi ialah usia burung yang memang belum memasuki masa birahi sehingga meskipun didekatkan dengan lawan jenisnya, mereka sama sekali tidak merasa tertarik. Cara efektif yang biasanya dilakukan oleh para breeder agar burung miliknya cepat kawin adalah memberikan asupan makanan yang mampu menaikkan birahinya.

Salah satu makanan yang cukup ampuh agar birahi lovebird naik adalah sayuran kangkung. Jadi, ketika lovebird jantan ataupun lovebird betina tidak mau kawin maka Anda bisa memberikan asupan makanan berupa  kangkung yang masih segar setiap hari.

Dalam kurun waktu kurang lebih setengah bulan, Anda pasti akan melihat perubahan pada lovebird terhadap lawan jenisnya. Selain kangkung, makanan yang juga mampu menaikkan birahi loverbird ialah biji kwaci dan tauge.  

Faktor kesehatan juga sangat berpengaruh pada produktivitas karena jika pasangan lovebird ada yang sakit maka otomatis nafsu untuk kawin menjadi berkurang. Jadi, perhatikan baik-baik asupan gizi yang dikonsumsi lovebird untuk meminimalisir kemungkinan sakit. Salah satu penyakit yang sering hinggap pada lovebird adalah snot atau sakit mata.

Meski kelihatan sepele, namun penyakit menular ini jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian. Lakukan tindakan isolasi  pada lovebird yang sakit agar tidak menular pad yang lainnya. Jangan lupa untuk sesekali memberikan suplemen pada makanan berupa vitamin burung untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya agar tidak rentan.

Selain masalah pola makan, penting pula untuk memperhatikan kebersihan dari sangkar dan tempat makanan agar tetap higienis dan tidak terganggu dengan predator seperti semut dan serangga.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa kicau mania lakukan ketika burung kesayangan Anda ini tidak mau kawin. Cara mengatasi lovebird jantan tidak mau kawin tidaklah jauh berbeda dengan lovebird betina yang tidak juga birahi.

Baik jantan maupun betina harus dipancing birahinya agar mau untuk diajak kawin dengan pasangannya. Cobalah cara-cara di atas agar burung yang amat mempesona tersebut cepat berkembang biak dan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda untuk bisnis beternak Anda.




Thanks for reading Beberapa Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Kawin

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »