Home » , » Cara Mengatasi Lovebird Birahi

Cara Mengatasi Lovebird Birahi

Over birahi adalah  akibat dari meningkatnya libido yang digunakan untuk berkembang biak. Hal ini akan merugikan bagi  burung yang siap untuk dikonteskan akan tetapi sebaliknya bagi perkembangbiakan peristiwa birahi ini akan sangat membantu  burung yang ingin dikembangbiakan.

cara ternak lovebird
Cara Mengatasi Lovebird Birahi


Kami akan memberikan sedikit informasi tentang cara mengatasi lovebird birahi. Sebelumnya anda perlu  mengetahui ciri-ciri lovebird yang  mengalami birahi.
  • Burung  terlihat mencabuti bulunya sendiri.
  • Burung akan  agresif dan galak.
  • Burung tidak mau bunyi.
  • Selain itu, lovebird akan mengawini  tangkringan tangkarnya sendiri.

Sedangkan over birahi pada lovebird yang sedang mengurusi anaknya didalam proses penangkaran dapat berakibat fatal. Hal itu  karena burung akan melakukan perilaku  aneh dan diluar dugaan contohnya:
  • Burung akan mengacak-acak sangkarnya sendiri.
  • Burung akan berubah  menjadi galak dan menyerang pasangannya.
  • Jika sebelumnya sering  meloloh anaknya  menjadi tidak mau meloloh anaknya.
  • Selain itu lovebird dapat  membuang telur dan anaknya sendiri dari sangkarnya.

Yang perlu anda ketahui  sebelumnya adalah  lovebird over birahi ini akan berkelakuan galak dan akan jarang berbunyi atau tidak gacor.

Ketika kondisi tersebut tidak segera di tangani tentu akan merugikan Anda yang bergelut dibidang  pelombaan. Oleh karena itu berikut adalah cara mengatasi lovebird birahi tinggi yang kami sajikan.


Cara Pengamanan Lovebird Yang Over Birahi

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah  menghindari pakan yang mengandung protein contohnya  kangkung dan jagung. setiap 1 batang kangkung dan daunya didalamnya memiliki kandungan protein sebanhyak 3 gram,  bahkan bagi jagung seberat 100 gram memiliki kandungan protein sebanyak  4,1 gram.

Dan cara untuk mengatasi lovebird birahi terlalu tinggi apalagi bagi lovebird dewasa,  kandungan protein tidak baik  mencapai 30 gram. Jadi bagi anda yang tidak menginginkan lovebird anda mengalami over birahi silahkan mulai perhitungkan kandungan protein didalam makananya.

Selanjutnya, untuk mengurangi over birahi pada lovebird anda bisa menambah jumlah memandikan dalam satu hari. Jadi saat burung anda mengalami over birahi proses mandi perlu ditambahkan, jika biasanya anda memandikan satu kali anda bisa memandikanya menjadi dua kali.

Tetapi untuk hasil yang maksimal anda bisa menambahkan frekuensi mandi pada siang hari, dan durasi mandi yang lebih lama.

Cara mengatasi lovebird selanjutnya adalah dengan mengurangi penjemuran. Hal tersebut karena  panas yang berlebihan dapat menambah  intenitas birahi  pada burung. Bahkan suatu saat anda  bisa tidak menjemur lovebird anda sama sekali saat burung dalam keadaan birahi.

Cara berikutnya adalah dengan meletakkan lovebird  dikandang umbaran sendirian. Kami sarankan kandang umbaran tersebut memiliki ukuran yang besar atau luas karena semakin besar ukuran kandang umbaranya akan  semakin bagus. 

Untuk aksesorisnya  berikan tangkringan sebanyak dua atau lebih supaya lovebird dapat bergerak aktif. Dengan cara yang seperti ini  akan menguras tenaga lovebird sehingga berpeluang untuk menurunkan over birahinya. Selanjutnya letakkan kandang umbaran tersebut ditempat yang sepi dan jauh  dari suara lovebird lainya.

Untuk cara mengatasi lovebird jantan birahi, anda bisa melakukanya dengan  terlebih dahulu mengawinkan lovebird anda dengan teknik kawin cabut jika dalam keadaan darurat lomba. Tetapi satu hal yang harus anda lakukan jangan lupa untuk mencabut burung anda agar lovebird tidak sampai brtelur. Selain itu anda harus tetap memantaunya agar tidak sampai terjadi pembuahan.


Beberapa trik diatas adalah cara mengatasi lovebird birahi yang dapat kami sajikan. Yang perlu anda ingat menangkar burung ini memang susah-susah gampang jadi membutuhkan  ketelitian dan ketelatenan yang lebih. Semoga informasi tersebut dapat membantu dalam mengatasi permasalahan lovebird anda.


Thanks for reading Cara Mengatasi Lovebird Birahi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »