Home » , » Penyakit Lovebird yang Sering Dialami Lovebird

Penyakit Lovebird yang Sering Dialami Lovebird

Pastinya sangat sedih bukan jika burung lovebird yang kita sukai tiba-tiba sakit dan akhirnya mati? Bukankah burung mudah sekali sakit?  Nah disini kita akan sedikit membahas mengenai penyakit lovebird yang sering dialami. Mari simak baik-baik.

penyakit lovebird yang sering dialami lovebird
Lovebird

Bubul

Penyakit Bubul ini sering kali menyerang bagian kulit Lovebird. Dampaknya, kulit Lovebird terutama kaki akan terlihat bengkak dan kukunya memanjang secara tidak wajar. Selain itu, sisik pada kaki akan melebar.Bubul disebabkan oleh bakteri Staphylo coccus yang hidup di sangkar.
Cara penyembuhan dan penanganan yang dapat anda lakukan untuk menyembuhkan kaki Lovebird yang terjangkit penyakit yaitu dengan memberikan obat merah. Tidak hanya itu, Anda juga harus memberikan obat anti kutu pada kakinya. Hal yang terpenting adalah membersihkan sangkar terutama bagian tempat bertengger dan lantai sangkar.

Gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan Lovebird biasanya ditandai dengan keluarnya cairan kental pada lubang hidungnya. Burung ini  juga sering membuka paruh karena kesulitan bernapas.
Penyebab penyakit ini disebabkan karena penyebaran bakteri e-coli dan virus mycoplasma yang banyak berada dalam buah dan sayuran. Oleh karena itu, sebelum memberikan pakan sayuran atau buah, sebaiknya dicuci terlebih dahulu.
Penyakit lovebird dan cara mengatasinya yaitu dengan  Lovebird yang sakit harus dipisahkan dari burung yang lain agar tidak menular. Selain itu, sangkar harus secara rutin dibersihkan dan jangan lupa untuk selalu memberi makanan bergizi dan vitamin setiap hari. Buah dan sayuran sebelum diberikan ke Lovebird harulah dicuci terlebih dahulu

Cabut Bulu

Penyakit Lovebird cabut bulu ini bukan hanya karena adanya kutu atau kekurangan vitamin, namun bisa karena menderita stress fisiologis. Tidak hanya lovebird yang terkena, namun juga kerap terjadi pada burung dengan paruh bengkok lainnya.  

Stress fisiologis timbul akibat hidup menyendiri dalam sangkar, sedangkan kita tahu bahwa lovebird merupakan tipe burung yang senang berkoloni. Jika mengalami hidup sendiri maka bisa membuat burung stress secara fisiologis. 

Salah satu stressnya karena  hilangnya komunikasi dengan sesama lovebird serta tidak mendapatkan pasangan. Dengan keadaan yang seperti itu,  burung menjadi stress dan meluapkan kegelisahannya dengan cara mencabuti bulu-bulunya.

Cacar kering

Penyakit  Lovebird ini menyerang kulit, seperti kutil yang muncul di mata, pangkal paruh, dan kaki. Lovebird yang sudah terjangkit penyakit akan terlihat lesu, nafsu makan menurun, napas tersengal-sengal, dan gangguan penglihatan. 

Walaupun begitu, anda jangan terlaku khawatur, proses penyembuhan lovebird ini hanya berkisar 2-4 minggu untuk kembali seperti sediakala. Dengan catata, burung tersebut mampu makan dan mengonsumsi vitamin.

Mata atau Snot

Penyakit mata ini ditandai dengan keluarnya cairan yang tidak biasa pada mata Lovebird. Biasanya hanya sebelah mata yang terkena penyakit snot, kemudian kalau sudah parah, dua-duanya akan terkena penyakit yang sama. 

Penyakit lovebird dan obatnya yaitu dengan memberikan antibiotic serta vitamin (setiap hari pada air minumnya) untuk memulihkan kondisi Lovebird. MGS Bird Farm memberikan obat antibiotic berbentuk injeksi dan sudah terbukti keampuhannya.

Selain itu juga memberikan obat khusus snot (salep Cyndocentrol) yang dapat dibeli dari toko burung terdekat. Bisa juga dengan memberikan obat tetes mata Alletrol, obat tetes mata Vitobel, atau salpe mata, dan tablet Tony’s Treasure yang sudah dihaluskan. 

Memberikan makanan biji-bijian, seperti millet merah, millet putih, dan canary sheed. Ditambah lagi,dengan extra food, seperti eggfood dan jagung. Dan jika sering diberi kangkung, sebaiknya diberhentikan terlebih dahulu.

Demikian tadi sedikit beberapa penyakit Lovebird  yang sering dialami. Semoga anda sebagai pecinta Lovebird bisa lebih hati-hati dan menjaga kesehatan lovebird tercintanya ya.

baca juga cara ternak lovebird dengan mudah disini




Thanks for reading Penyakit Lovebird yang Sering Dialami Lovebird

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »