Home » , » Cara Mengatasi Lovebird Yang Telat Ngekek Di Lapangan

Cara Mengatasi Lovebird Yang Telat Ngekek Di Lapangan

Tips Mengatasi LOVEBIRD (LB) yang telat ngekek di lapangan - Salam Kicau Mania, budidaya lovebird kali ini akan memberikan tips untuk kalian yang pernah mengalami lovebird yang telat ngekek di lapangan. Telat ngekek di lapangan biasanya terjadi pada sesi awal, mungkin karena belum panas. Begitu digantang, lovebird tak langsung mau bunyi. Berbeda pada sesi-sesi berikutnya, burung biasanya langsung ngekek begitu digantang.

Cara Mengatasi Lovebird Yang Telat Ngekek Di Lapangan

Untuk mengatasi lovebird yang telat ngekek di lapangan tips ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang pernah atau kelak bakal menghadapi problem serupa.

  • Awalnya, sehari sebelum lomba (H-1), lovebird tidak perlu dijemur lagi. Pagi hari cukup diembunkan, lalu disemprot lembut (agak basah) dan dianginkan. Selanjutnya, burung disimpan dalam ruang yang tenang, dijauhkan dari lovebird yang lainnya.
  • Apakah saat disimpan dalam ruangan yang tenang burung harus dikerodong? Tergantung kebiasaan pemilik / perawat terhadap lovebirdnya.
  • Pada hari lomba, sebelum berangkat ke lapangan, burung diembunkan, kemudian disemprot halus / lembut, dan dikerodong. Selanjutnya, sangkar diletakkan pada tempat yang sejuk, sampai dibawa ke arena lomba.
  • Jika berangkat pagi-pagi buta, kita cukup membersihkan sangkar, mengecek pakan dan air minum, kemudian dikerodong dan berangkat ke arena lomba,
  • Kalau sudah tiba di arena lomba, pilihlah salah satu lokasi yang tenang. Biarkan lovebird ngekek dulu. Jika burung sudah ngekek, barulah kerodongnya dibuka.
  • Selanjutnya, burung digantang di mana saja, atau bisa juga di gantangan biar ngekek sekali – dua kali. Hal ini bertujuan agar burung bisa beradaptasi terhadap suasana atau lokasi perlombaan.
  • Apabila lovebird terlihat mompa atau ngetik (kondisi kenceng diperhatikan), Anda bisa menyemprot dadanya secara lembut, sekali atau dua kali, kemudian langsung dikerodong.
  • Kira-kira dua sesi sebelum digantang, atau sekitar 15-20 menit sebelum digantang, kerodong dibuka untuk mengambil pakan dan air minumnya, sekaligus membersihkan dasar sangkarnya. Setelah itu burung dikerodong lagi, ditaruh di tempat sejuk, sampai dibawa ke arena lomba untuk digantang.
  • Usahakan burung jangan ngekek terus ketika berada di paddock, agar staminanya terjaga pada saat lomba dimulai,
Sekian Tips Dari saya tentang Cara Mengatasi Lovebird Yang Telat Ngekek Di Lapangan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Burung Malas Bunyi dan Turun Tangkringan saat Lomba

Thanks for reading Cara Mengatasi Lovebird Yang Telat Ngekek Di Lapangan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »