Home » , » Tips Membeli Lovebird Prestasi Agar Tidak Menyesal

Tips Membeli Lovebird Prestasi Agar Tidak Menyesal

Tips Agar Tidak Galau Usai Membeli Lovebird Prestasi - Jika kalian ingin menginginkan lovebird yang sudah siap untuk dilombakan tentu harus mengeluarkan biaya yang lebih. Terkadang banyak kasus ketika membeli burung prestasi salah satunya adalah tidak jalan di tempat lomba walaupun settingan lomba dari pemilik sebelumnya sudah sama. Nah kali ini saya akan memberikan tips agar tidak menyesal sesudah membeli burung prestasi

Tips Membeli Lovebird Prestasi Agar Tidak Menyesal

Dalam jual beli sang penjual pasti mau melepas burung juaranya karena harganya dianggap sudah cocok. Sedangkan pembeli mau membeli burung tersebut karena dia sudah lihat sendiri, istilah kerennya di dunia perburungan ‘sudah dipantau’ langsung saat burung digantang di arena lomba. Ketika merasa harga sudah sesuai dengan kwalitas barang, kata transaksi adalah lanjutannya.

Pada beberapa jenis burung termasuk lovebird, perpindahan tangan dan perbedaan cara merawatnya sangat mempengaruhi prilaku burung.  Menurut seorang kicau mania senior pernah mengatakan, lovebird termasuk burung sensitif. Burung ini bisa mengenali tuannya dari suara dan bau badan sang tuannya. Perubahan rawatan juga akan mempengaruhi prilaku dan karakter burung.

Beriktu ini tips agar tidak galau setelah melakukan pembelian lovebird prestasi:
  1. Jadi jika ingin membeli lovebird prestasi, sebaiknya jangan terburu-buru. Lakukan dulu pemantauan di lapangan, bila perlu lebih dari 1 kali gantang. Saat melakukan pemantauan, jangan hanya lihat juara berapa burung tersebut. Perhatikan, cara menggantang sang pemilik. Apakah digantang duluan, atau bersamaan dengan kontestan lain, atau sedikit agak belakangan.
  2. Kemudian ketika burung sudah di bawah gantangan, apa yang dilakukan sang pemili. Apakah dengan menepuk-nepuk tangan, atau cukup dengan memanggil-manggil namanya. Ini sangat perlu, agar ketika bisa melakukan hal yang sama jika burung jadi kita beli.
  3. Selanjutnya, ketika burung selesai mengikuti lomba, apa yang biasa dilakukan sang pemilik lama. Sebagian kicau mania langsung memasukkan cepuk makan dan minum ke dalam kandang. Tapi ada juga yang menunggu hingga burung merasa tenang lalu memasukkan kembali makan dan minumannya. Bahkan ada yang menyemprot tipis terlebih dahulu sebelum memasukkan makanan dan minuman. Kesimpulan yang bisa diambil dari point ketiga ini, “membuat burung kembali dalam suasana tenang”.
  4. Burung prestasi dibandrol mahal. Selain karena sudah sering meraih gelar juara, dalam harga mahal itu sudah termasuk setelan dan pola perawatannya. Jadi sebelum terjadi transaksi jangan lupa meminta setelannya. Agar tidak lupa, bisa dicatat dalam lembaran kertas.

Ingat, bertambahnya usia burung lovebird juga membutuhkan pola rawatan yang iatimewa. Para kicau mania pemilik lovebird berusia diatas dua tahun, kini mencoba pola rawatan sebagai berikut:
  • Mandi sekitar jam 8 atau 9 malam. 
  • Masa penjemuran, dilakukan hanya sekitar satu jam, dari jam 9 pagi sampai jam 10.
  • Pada masa istrahat, setelah selesai jemur kembali dilakukan pemasteran.
Baca juga : Tips Memilih dan Membeli Burung
Thanks for reading Tips Membeli Lovebird Prestasi Agar Tidak Menyesal

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »