Home » » Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird

Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird

Cara Tepat Menyembuhkan : Dan Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird - Pada umumnya suatu penyakit diakibatkan karena virus/bakteri yang menyerang kedalam tubuh seperti halnya penyakit mata. Penyakit mata pada burung Lovebird (snot) memang sangat menghantui para pecinta burung khususnya pada burung lovebird muda. Penyakit mata yang satu ini wajib kita waspadai karena jika tidak ditangani dengan tepat maka akan berdampak pada daya tahan tubuh burung. Jika penanganan snot terlambat maka akan terjadi hal yang tidak kita inginkan yaitu kematian pada burung.

Tags :ciri ciri lovebird terkena snotobat snot lovebird paling ampuhgejala snot pada lovebirdobat mata lovebird bengkakpenyebab snot pada lovebirdcara merawat lovebird kena snotobat snot tradisionalsnot lovebird

Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebid

Penyakit Mata (Snot) ini memilikigejala awal  bagian mata burung yang berair dan pada tepi matanya berwarna sedikit kekuning-kuningan. Akan tetapi jika penyakit ini sudah parah maka mata akan bengkak, timbul benjoal, berair, dan pandangan yang kabur, jika tetap dibiarkan bisa berakibat buruk pada burung Anda.
Baca juga : Cara Menjodohkan Burung Lovebird Yang Baik Dan Benar!!!
Untuk pengobatan sakit mata pada lovebird sebaiknya Anda lakukan secepat mungkin sebelum penyakit yang diderita semakin parah dan sulit untuk disembuhkan, Anda bisa melakukan pengobatan ini sendiri dengan cara berikut:

Untuk Pengobatan Anda dapat melakukannya dengan 2 cara yaitu dengan cara herbal ataupun dengan cara non herbal.
  • Rendamlah kain pada air hangat
  • Bersihkan terlebih dahulu sekitaran mata burung lovebird dengan mengunakan kain yang sudah direndam di air hangat, Lalu siapkan air rebusan daun sirih dan teteskan di mata yang sedang terkena snot. Air rebusan daun sirih dipercaya mengandung antibiotik dan mampu membunuh bakteri.Kemudian Anda bersihkan mata burung ini dengan kain tersebut, untuk temperatur kain sebaiknya tidak terlalu panas atau pun dingin.
  • Untuk cara yang non herbal Anda dapat meneteskan obat mata ataupun salep mata yang khusus mengatasi penyakit snot, Silahkan cari referensi terlebih dahulu obat apa yang paling cocok untuk burung Anda. Usahakan referensi itu dari orang yang berpengalaman dan pernah sukses dalam menyembuhkan penyakit snot.
  • Setelah itu berikanlah obat tetes mata tujuannya agar mata yang normal dan sehat ini tidak tertular. Untuk frekuensi perawatannya Anda cukup lakukan setiap 1 kali hari, Anda bisa melakukannya pada pagi atau pun sore hari.

Burung yang sakit mata tentunya akan berpengaruh pada perilaku, Seperti contoh burung akan mematuk matuk sekitaran pakan karena burung kesulitan dalam melihat makanan, Untuk itu kita harus melakukan perawatan khusus sebagai berikut :
  • Pisahkan burung yang sadang mengalami sakit mata, Penyakit snot dikawatirkan akan menular pada burung sejenis. Hal ini dimaksudkan agar proses penyembuhan burung lebih cepat, dan tidak menular ataupun tertular kembali dengan burung yang sakit.
  • Burung yang sakit jangan disemprot atau dimandikan.
  • Kurangi proses penjemuran burung. 10 menit saja sudah cukup itupun penjemuran burung dilakukan dipagi hari antara jam 06.00 - 06.10. Menjemur burung diperlukan karena burung sangat memerlukan asupan vitamin D.
  • Pembersihan kandang wajib dilakukan agar virus yang masih menempel pada kandang maupun tangkringan burung dapat segera hilang.
  • Peletakan kandang atau sangkar harus tepat dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
Untuk pemakain obat admin memberikan rekomendasi yaitu Erlamycetin Untuk Hewan

Salep Erlamycetin juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit mata pada hewan termasuk kucing. Salep Erlamycetin disinyalir juga lebih baik digunakan pada hewan dibandingkan dengan terramycin yang mengandung oxytetrasiklin 1%. Untuk iritasi ringan pada hewan lebih baik gunakan tetes erlamycetin 2 tetes sehari.

Garamycin juga dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengobati penyakit mata pada hewan. Penggunaannya oleskan 2-3 kali dalam sehari.
Baca juga :  Cara Mengobati Lovebird Lumpuh
Thanks for reading Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »