Home » » Cara membimbing Lovebird Muda Agar Jadi Juara Di Lomba Kicau

Cara membimbing Lovebird Muda Agar Jadi Juara Di Lomba Kicau


Cara membimbing Lovebird Muda - Mendapatkan burung lovebird berkualitas dan dikhususkan untuk lomba tentu tidak bisa dilakukan secara instan. Kecuali membeli burung langganan juara. Jika Anda memelihara lovebird sejak anakan, perlu dilakukan pelatihan khusus untuk menjaga agar tarikan nafasnya panjang, sehingga mampu berkicau dengan durasi yang sangat lama. Selain itu, kondisi mental burung juga harus anda perhatikan.
Cara membimbing Lovebird Muda
Lovebird muda

Berikut ini panduan Cara membimbing Lovebird Muda agar kelak berkualitas lomba. Lovebird yang masih muda (di bawah 5 bulan) sangat mudah ditemukan di pasar burung, terutama dalam kandang ombyokan. Harganya relatif terjangkau.

Membimbing lovebird muda agar berani bunyi

Pada umumnya, lovebird yang berusia 1,5 – 2 bulan masih akan belajar berbunyi, meski terkadang mereka akan melakukannya tanpa kehadiran kita (malu-malu).

Untuk itu, agar burung memiliki keberanian untuk mengeluarkan suaranya kapan pun dan di mana saja, mentalnya perlu digembleng. Caranya yaitu:
  • Mandikan burung pada pagi hari, dalam bak mandi yang dimasukkan ke dalam sangkar.
  • Setelah dijemur, burung diangin-anginkan di lokasi yang menurut Anda cukup berisik.
  • Biasakan menggantang burung di lokasi yang berbeda setiap harinya. Fungsinya untuk membuat burung terbiasa dengan lingkungan baru, sehingga lebih mudah berbunyi kapan pun dan di manapun.
  • Selama melakukan perawatan atau pelatihan ini, hindari mempertemukan lovebird muda dengan burung yang sejenis. Anda hanya perlu memberikan suara kicauan Lovebird saja lewat Hp anda. Hal ini untuk membiasakan burung sendirian agar lebih fokus dalam latihannya, sehingga begitu dipertemukan dengan burung sejenis lebih mudah lebih mengeluarkan suara kicauannya secara rajin.
Melakukan Pelatihan untuk Lovebird
Pelatihan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk lovebird muda. Terlebih jika dipersiapkan sebagai burung lomba. Pelatihan vokal dimulai dengan melatihnya menggunakan suara burung lovebird yang sudah master berkicau.
Cara membimbing Lovebird Muda
Lovebird kicau
Melatih kekuatan nafas
Selain memberikan suara master lovebird yang tepat, perawatan lain yang tidak kalah penting adalah melatih kekuatan nafas lovebird.

Pada burung muda, latihan kekuatan nafas tidak membutuhkan kandang umbaran sebagaimana yang biasa diberikan pada burung dewasa. Berikanlah lovebird vitamin, itu saja sudah cukup.

Anda juga bisa membeli produk multivitamin khusus burung. Di pasar banyak tersedia puluhan merek.

Kalau Anda ingin memberikan latihan fisik, Anda tidak perlu member kandang umbaran untuk pelatihan yang luas. Apalagi lovebird muda lebih cenderung merayap daripada terbang dari satu tenggeran ke tenggeran lainnya.

Mengikuti Lomba lovebird
Cara membimbing Lovebird Muda
Lomba Lovebird
Melakukan pelatihan pada lovebird agar memiliki pengalaman untuk modal mengikuti lomba. Selama melakukan program persiapan ini, Cobalah sesekali mengajak lovebird anda bermain ke arena latber atau latres, meski tidak menjadi peserta, namun sebagai penonton dari jauh saja. Hal ini bermanfaat untuk membangkitkan mentalnya dan agar burung terbiasa dengan suasana lomba yang diwarnai aneka suara lovebird dan riuh penonton.

Dengan begitu Lovebird anda secara perlahan akan tumbuh mental dan keberaniannya, sehingga setelah dewasa lebih siap dilombakan.

Jangan lupakan pula perawatan hariannya. Utuk lovebird muda, biasakan melengkapi semua kebutuhan nutrisnya, termasuk mineral terutama kalsium dan fosfor.

Agar memastikan lovebird anda tidak kekurangan mineral, Anda juga bisa membeli produk multimineral. Sama seperti vitamin, di pasaran juga tersedia aneka merek multimineral, termasuk BirdMineral. Anda bisa menambahkan tulang sotong agar organ pencernaan burung pemakan bijian ini bekerja lebih sempurna
Baca Juga: Tips Penting Cara Merawat dan Mengatasi Burung Lovebird Yang Sakit
Setelah berumur 6 bulan, biasanya lovebird sudah memiliki kemampuan menyuarakan suara master yang telah diajarkan sebelumnya. Selain itu, burung juga memiliki lagu yang panjang sesuai dengan latihan yang Anda berikan.

Untuk pertamakalinya lovebird anda dapat mengikuti even latber atau latpres. Atau jika ingin mengikuti saya even pertama untuk lovebird bisa diikuti ketika burung berumur 6,5 bulan.

Setelah anda rasa burung lovebird anda sudah siap, anda bisa membawanya untuk ikut loma sesuai jadwal yang telah anda rancang.

Sekian ulasan mengenai Cara membimbing Lovebird Muda Agar Jadi Juara Di Lomba Kicau. Semoga bermanfaat.
Thanks for reading Cara membimbing Lovebird Muda Agar Jadi Juara Di Lomba Kicau

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »