Home » , » Ciri-Ciri Lovebird Siap Untuk Lomba

Ciri-Ciri Lovebird Siap Untuk Lomba

Ciri-Ciri Lovebird (LB) Siap Di Perlombakan - Banyak sebutan untuk burung yang satu ini sperti lovebird, lakbet, lb, burung cinta dll. Untuk kalian yang ingin menpunyai burung siap lomba bukan hanya soal suara, atau sudah gacor atau belum. Namun ada hal-hal lain yang harus anda perhatikan sebelum lovebird ikut lomba. 

Ciri-Ciri Lovebird  Siap Untuk Lomba

Jika anda memaksakan lovebird yang belum siap untuk iktu lomba, sangat sulit untuk menjadi yang terbaik. Bahkan penampilan di lapangan pun bisa sangat mengecewakan dan lovebird bisa stress. Untuk itu kita harus mengetahui kapan dan bagaimana ciri-ciri lovebird yang siap lomba. Tips-tips yang akan kami berikan ini berdasarkan pengalaman para pemain senior lovebird yang sukses menjadikan LB jagoannya sebagai jawara.

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa anda amati perihal lovebird anda, apakah sudah siap lomba atau belum. Berikut ini informasi lengkapnya untuk anda.

1. Usia lovebird
Soal umur, lovebird memang bisa ikut lomba meskipun usianya baru 3 atau 4 bulan (Baca: Merawat lovebird Usia Muda PAUD). Tetapi lovebird muda belumlah bagus untuk ikut lomba. Alangkah baiknya lovebird sudah berumur 6 bulan ke atas karena lovebird sudah stabil.

2. Kondisi kesehatan
Tentu saja lovebird bisa dikatakan siap jika sedang dalam kondisi fit/sehat. LB yang sehat akan menunjukkan penampilan terbaiknya (top perform) di lapangan. Jangan sampai memaksa lovebird lomba jika sedang mabung/molting.
Baca juga : Mengatasi Rontok Bulu Pada Lovebird
3. Kondisi Birahi
Lovebird yang baik untuk lomba adalah lovebird yang tingkat birahinya stabil. Lovebird yang tidak stabil (OB) dijamin penampilannya akan mengecewakan. Meskipun lovebird tetap ngekek, tetapi mengurangi penilaian juri.

4. Rajin Bunyi
Lovebird yang siap lomba bisa juga diamati dari bagaimana ia rajin berkicau. Lovebird siap lomba ditandai dengan kicauan suara ngekek panjang sambil berdiri di atas tangkringan/tenggeran. Gaya yang seperti ini disebut dengan nagen. Anda juga bisa memperhatikan bentuk dan gerakan sayapnya. Kalau burung sering mengepakkan sayap dengan ujung sayap yang menyilang, berarti sudah siap lomba. Anda bisa merawat lovebird agar cepat berkicau.

5. Lovebird Latah
Latah disini maksudnya adalah lovebird mudah terpancing oleh lingkungan di sekitarnya, yaitu lb lain yang bunyi. Biasanya lb yang siap lomba akan langsung menyahut/berkicau jika mendengar burung lain berkicau. Bahkan lovebird yang mentalnya bagus akan membalas berkicau dan membusungkan dada jika mendengar tepuk tangan atau kicauan burung lovebird lain.

Jika lovebird anda sudah memenuhi kriteria di atas, boleh saja ikut lomba. Lovebird jantan dan betina bisa ikut lomba selama kondisinya bagus.
Semoga 5 hal di atas bisa berguna untuk kalian semua, terimakasih sudah berkunjung dan nantikan artikel menarik lainnya hanya di budidayalovbirdz.blogspot.com.
Baca Juga : Cara Membuat Lovebird Stabil Juara
Thanks for reading Ciri-Ciri Lovebird Siap Untuk Lomba

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »