Home » , » Cara Agar Indukan Lovebird Kembali Produksi

Cara Agar Indukan Lovebird Kembali Produksi

Cara Agar Indukan Lovebird Kembali Produksi - Dalam berternak burung lovebird yang baik dan benar pasti akan mendapat masalah dalam breeding burung cinta ( lovebird) seperti macetnya produksi yang pada awalnya selalu menghasilkan / panen dalam berternak lovebird. Untuk itu budidayalovebird.id ini akan memberikan tips agar Indukan Lovebird Macet Produksi ini dapat langsung berproduksi kembali. Nah maka dari itu walaupun dalam artikel yang singkat ini akan mengarahkan kalian dalam berternak lovebird yang baik dan benar. berikut penjelasannya :

Cara Agar Indukan Lovebird Kembali Produksi

Setiap peternak berharap agar burung lovebird yang mereka budidayakan cepat produksi bahkan berharap selalu produksi dalam waktu yang cepat, namun hal itu tak semudah yang diharapkan. Seringkali ada beberapa indukan lovebird macet produksi yang menjadi masalah serius bagi peternak, karena itu sebagai penangkar lovebird kita harus bisa mengatasi indukan lovebird macet produksi dengan berbagai tips dan kesungguhan.

Dalam beberapa kasus bisa kita lihat seperti

  1. Peternak menemui indukan yang tadinya sudah produksi dan menghasilkan anakan namun akhirnya tidak bertelur dalam waktu yang lama. 
  2. Indukan sudah terlalu tua sehingga tidak bisa bertelur kembali , terlebih anda mengamati indukan lovebird macet produksi tersebut apakah batas usianya sudah melebihi 6 tahun
  3. Mengganti dengan indukan baru yang lebih muda, namun belum kembali membuat  indukan lovebird kembali produksi. 
Nah dari kasus di atas mungkin belum tentu yang menyebabkan indukan lovebird macet produksi. Namun salah satu penyebabnya adalah kurang asupan sinar matahari, sinar matahari yang langsung masuk ke kandang sangat berguna untuk produktifitas di penangkaran.

Faktor yang akan timbul ketika Lovebird yang kekurangan asupan sinar matahari ditandai dengan
  • tubuh yang gemuk, sehat namun kurang bergairah
  • bertelur namun sering tidak menetas seluruhnya
  • terlihat seperti gembol telur namun sebenarnya adalah lemak yang menghambat proses produksi telur. 
Jika anda merasakan hal itu terjadi pada indukan anda maka sebaiknya yang kalian lakukan adalah
  1. mengambil indukan lovebird macet produksi dan melakukan terapi penjemuran, 
  2. sebelum anda menjemur indukan lovebird macet produksi sebaiknya anda memandikan dengan air yang bersih lalu jemur sekitar 1-2 jam. 
  3. Lakukan selama 3-7 hari jika anda melihat burung mulai birahi dan bulu-bulu mengkilap maka anda bisa memasukkan kembali ke dalam kandang ternak.
  4. Memberikan kecukupan takaran makanan untuk lovebird dan asupan vitamin. 
Dengan kata lain yang harus anda ingat setiap indukan lovebird memiliki karakter yang berbeda-beda dan daya tahan yang berbeda-beda terhadap stres dan gangguan. Kebanyakan lovebird yang gagal menetaskan telur bukan karena mandul atau tidak ngisi namun sering kali karena asupan makanan dan vitamin serta asupan sinar matahari yang kurang. 
Faktor yang lain yang tidak bisa dikesampingkan juga adalah faktor kebersihan dan kenyamanan kandang penangkaran. Kalau semua faktor itu terpenuhi Insya Allah indukkan Lovebird bisa berproduksi dengan baik & lancar serta menghasilkan keturunan.
Baca juga :  Cara Terbaik dalam memasterkan Burung
Thanks for reading Cara Agar Indukan Lovebird Kembali Produksi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »