Home » » Cara Mencegah Indukkan Lovebrid Ngelemak (obesitas/menimbun lemak)

Cara Mencegah Indukkan Lovebrid Ngelemak (obesitas/menimbun lemak)

Cara Mencegah Indukkan Lovebrid Ngelemak (obesitas ) / mengatasi kegemukan pada lovebrid - Hallo para kicau mania yang hoby dengan burung cinta ( lovebrid). Kali ini saya akan memberikan tips yang bergguna untuk kalian yang sedang mencoba untuk berternak burung yang banyak sekali peminatnya.

Cara Mencegah Indukkan Lovebrid Ngelemak (obesitas/menimbun lemak)

Lovebrid merupakan burung yang setia dengan pasangannya.. untuk para pertenak tentu banyak sekali kendala yang sering timbul, dan salah satunya adalah obesitas. Nah kali ini tips lovebrid akan memberikan tips untuk kalian agar obesitas itu tidak muncul pada perternakan anda. langsung saja berikut tipsnya

Tips mencegah indukkan ngelemak (obesitas/menimbun lemak) di penangkaran Lovebird.
  • Memperhatikan komposisi takaran pakan oplosan/campuran(bila menggunakan pakan oplosan milet oplosan canary shet). 
  • Saya pribadi menggunakan takaran 1 kg milet putih : 1/2 kg canary shet.
  • Memperhatikan takaran pemberian Extra Fooding/pakan tambahan.
  • Untuk indukkan belum berproduksi & indukkan  mengerami telur cukup 2x pemberian EF (kangkung & jagung). Saya pribadi memberikan EF pada hari Jum'at & Sabtu.
  • Untuk indukkan yg meloloh anakkan porsi pemberian EF 6 hari full jagung, 1 hari full kangkung. Disini saya mengambil logika setiap apa yg dimakan induk pasti akan dilolohkan ke anaknya. Kalau dibuat prosentase 80-90% makanan akan diberikan ke anaknya. Jagung memang bisa menimbulkan kegemukan kalau porsinya terlalu banyak tapi disini hal itu tak akan terjadi karena jagung & pakan yg lain akan sebagian besar diberikan ke anaknya. Indukkan hanya mengkonsumsi sebagian kecil makanan yg dimakan. Berbeda kasus bila indukkan itu tidak meloloh anakkan, secara otomatis bisa mengalami kegemukan. Untuk EF kangkung bermanfaat utk memperkuat tulang, bulu anakkan tidak mudah rontok, memperkuat paruh, dan lain-lain karena kaya vitamin & mineral. Bahkan kangkung adalah EF terbaik diantara EF lain yg sering dikonsumsi oleh Lovebird. Tapi dalam hal ini pemberian kangkung harus dikontrol pemberian & porsinya karena bisa cepat menaikkan birahi naik.
  • Pemberian vitamin breeding saya berikan setiap hari dicampurkan ke air minum (air minum wajib air matang & diganti setiap hari).

Dengan menerapkan apa yg tersebut diatas alhamdulillah indukkan Lovebird saya tidak ada yg obesitas/ngelemak/kegemukan & produksi tetap lancar.

Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian semua dan salam utuk para kicau mania nusantara.
Thanks for reading Cara Mencegah Indukkan Lovebrid Ngelemak (obesitas/menimbun lemak)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »