Home » » Solusi Mengatasi Lovebird yang Suka Gesek Tangkringan

Solusi Mengatasi Lovebird yang Suka Gesek Tangkringan

Beberapa solusi mengatasi lovebird yang sukagesek tangkringan | Banyak lovebird mania yang galaumelihat perilaku burungnya yang sukagesek tangkringan (gestang).Memang tak mudah untuk mengembalikan kondisinya seperti semula, apalagi jika hal ini sudah menjadi kebiasaan burung sehari-hari. Namun dengan melakukan beberapa perawatan rutin dan teratur, masalah gesek tangkringan itu bisa teratasi.

solusimengatasi lovebird yang suka gesek tangkringan

Berikut ini beragam solusi mengatasi lovebird yang suka gesek tangkringan. Masalah lovebird gesek tangkringan umumnya dialami burung jantan, meski tidak menutup kemungkinan ada juga lovebird betina yang mengalami hal tersebut. Sebagian kicaumania menganggapnya sebagai perilaku buruk, karena bisa mengurangi penampilannya dan menghambat produktivitas penangkaran.

Lovebird yang suka gesek tangkringan tentu tidak bisa tampil maksimal, meski burung sudah rajin bunyi / gacor. Bahkan tak jarang ada burung yang menolak mengawini pasangannya ketika diberikan burung lain sebagai pasangan untuk mengurangi perilaku gesek tangkringan tersebut.
Untuk membantu mengatasi atau mengurangi perilaku lovebird yang suka gesek tangkringan, berikut ini beberapa solusi untuk Anda;
  • Gantisangkar yang digunakan ,Lovebird yang suka gesek tangkringan bisa dipindah kesangkar soliter yang diletakkan jauh dari lovebird-lovebird lainnya.Dalam sangkar tersebut tidak dipasangitangkringannya, namun cukup berisi cepuk pakan dan air minum yang diletakkan di dasar sangkar.Hal ini dilakukan untuk meredam keinginannya “mengawini” tangkringan.
  • Ganti tangkringannya , JikaAndatidakmempunyaisangkarlainuntukmemindahkan lovebird, makaalternatifnyaadalahmencabutataumenggantitangkringan yang selamainidigunakandalamsangkarharian. Setiapharinya, lovebird hanyabergerakdengancaramerambatijerujisangkarnya. Cara inidiharapkanbisamengurangikebiasaanburuknyatersebut.
  • Cara lainnya adalah mengganti model tangkringan, yakni berbentuk datar atau permukaannya rata mirip penggaris / mistar.Bentuk tangkringan seperti initentu tidak bisa didapatkan di toko perlengkapan burung. Jadi, Anda harus membuatnya sendiri.Kalau tak sempat membuat sendiri, Anda juga bisa membelah tangkringan bulat yang biasa digunakannya menjadi dua bagian, lalu memasangnya denganposisi permukaan yang rata berada di bagian atas.Meski dianggap kurang efektif, hal ini juga bisa membantu mengurangi kebiasaan buruk tersebut.
  • Manfaatkan kandang umbaran,  Mengurangi perilaku gesek tangkringan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan kandang umbaran. Selama masa terapi, kandang umbaran digunakan sebagai pengganti sangkar harian selama beberapa jam setiap hari yang dimulai sejak pagi hingga sore hari. Untuk memenuhi kebutuhannya , kandang umbaran dilengkapi dengan cepuk pakan dan cepuk minum.
  • Mandikan hingga basah kuyup, Anda juga bisa memandikan burung lovebird hingga basah kuyup.Biasanya, kicau mania akan menggunakan selang atau air mengalir untuk memandikan burungnya. Namun perlu diperhatikan agar tetesan air tidak mengenai bagian cere maupun hidungnya, karena bisa membuatnya rentan sakit. Agar lebih aman, Anda bisa memanfaatkan sprayer atau semprotan khusus untuk memandikan burung. Cara lain yang cukup efektif tapi butuh pengalaman dan kehati-hatian adalah memandikan burung sambil dipegang. Pada kondisi ini, lovebird dipegang dengan tangan kanan, kemudian sebagian tubuhnya dicelupkan ke dalam wadah / baskomber isi air, lalu diusap-usapkan dengan tangan kiri. Lakukan hal tersebut secara rutin, karena bisa membantu meredam birahinya.Selain itu, burung pun akan menjadi lebih cepat jinak. Setelah dimandikan hingga basah kuyup, angin-anginkan sampai bulu–bulu tubuhnya mengering, setelah itu berikan penjemuran seperlunya saja.
  • Berikan terapi semprot ,  Terapi semprot bisa dilakukan ketika burung tetap dipelihara dalam sangkar harian, tanpa mencabut / mengganti tangkringannnya.Ketika lovebird menunjukkan perilaku ingin “mengawini” tangkringan, semprot bagian perutnya hingga kebawah dengan menggunakan sprayer atau semprotan mandi. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda harus selalu melakukan pemantauan sehingga bisa langsung menyemprotnya ketika burung hendak melakukan hal buruk tersebut.
  • Berikan pakan yang tepat , Memberikan pakan yang sesuai bisa membantu mengatasi / mengurangi perilaku gesek tangkringan pada lovebird.Selama masa terapi, pakan yang diberikan cukup milet putih saja dan tidak perlup akan tambahan lainnya, terutama kangkung, toge, atau jagung manis yang bisa membuat birahinya meningkat.
  • Berikan suplemen dan multivitamin, Banyak kicaumania yang kesulitan saat akan menjodohkan lovebird yang suka gesek tangkringan dengan lovebird lain yang akan menjadi pasangannya. Meski terlihat berjodoh, burung tetap ogah-ogahan mengawini pasangannya, lebih memilih tangkringan sebagai sarana pelampiasan birahinya.Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menyediakan suplemen khusus penangkaran.
Baca juga : Cara Mengatasi Burung Malas Bunyi dan Turun Tangkringan Saat Lomba
Thanks for reading Solusi Mengatasi Lovebird yang Suka Gesek Tangkringan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »