Home » » Manfaat Memandikan Burung Dengan Cara Dipegang

Manfaat Memandikan Burung Dengan Cara Dipegang

Manfaat Memandikan Burung Dengan Cara Dipegang - Apa kabar sahabat kicaumania, Memandikan burung merupakan salah satu bagian dari perawatan yang rutin dilakukan oleh penghobi, banyak manfaat yang dihasilkan dari memandikan burung, selain untuk menjaga kesehatan karena burung lebih bersih juga bisa dijadikan sang pemiliknya sebagai ajang beriteraksi dengan burung peliharaan masing-masing.

Manfaat Memandikan Burung Dengan Cara Dipegang

Memandikan burung juga bisa memberi efek yang positif terhadap performnya di lapangan, dengan memandikan burung kita juga bisa mengetahui karakter dan sifat dari burung tersebut, manfaat lain yang di dapat karena rutin memandikan burung yaitu keaadaan birahinya yang cenderung stabil dan mampu memicu agar burung lebih rajin berkicau.

Waktu yang ideal untuk memandikan burung adalah pada pagi hari antara pukul 06.30–08. 00, sehingga selesai dimandikan, burung bisa langsung dijemur, bersamaan dengan itu sebaiknya, sangkar harian yang digunakan untuk burung bisa kita bersihkan sekaligus, termasuk mengontrol pakan dan air minum.

Kendati demikian nyatanya ada juga beberapa penghobi yang kerap memandikan burung pada saat sore bahkan malam hari, sebenarnya sah–sah saja menilik setiap karakter burung masing–masing berbeda atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun waktu yang dimiliki bagi setiap penghobi.
Media yang biasa digunakan untuk memandikan burung anatara lain Keramba untuk burung–burung yang besar, Spray atau cepuk untuk burung–burung yang lebih kecil atau bisa memakai selang yang terhubung langsung dengan kran, tergantung kebiasaan masing–masing.

Yang paling unik mungkin memandikan burung dengan cara dipegang secara langsung, ya nyatanya banyak penghobi yang mengadopsi cara memandikan berdasar kebiasaan memandikan burung perkutut ini.

Berdasarkan pengakuan setiap penghobi, manfaat yang di dapat setelah memandikan burung dengan cara dipegang, diantaranya sebagai berikut :
  • Burung Menjadi lebih Jinak. 
  • Perawatan burung lebih optimal. 
  • Nafas burung bisa menjadi lebih panjang. 
  • Melatih Fisik dan Mental agar menjadi lebih bagus.

Langkah–Langkah Yang Perlu Diperhatikan :

Memandikan burung dengan cara dipegang hanya berlaku untuk burung–burung yang jinak / burung yang sudah dipelihara sejak masih trotol, jika memaksakan terhadap burung yang giras dan berusia mapan, dikhawatirkan burung tersebut akan mengalami stres.

Memandikan burung dengan cara seperti ini jangan Anda praktekkan jika Anda belum paham cara memegang burung. Salah-salah, burung bisa sesak nafas jika dipegang terlalu erat, atau burung akan lepas, jika kurang erat memegangnya, dan bulu burung bisa banyak yang rontok jika burung tidak terbiasa dipegang. Arti dari semuanya adalah kepada masalah kebiasaan. Dalam mengawali sebuah kebiasaan itulah yang sering perlu pengorbanan.

Intinya, dalam memandikan burung, ada banyak pilihan yang bisa Anda ambil, langkah yang paling ekstrem pertama adalah jadikan burung Anda mengikuti kebiasaan yang Anda terapkan secara “memaksa” pada awalnya, dan titik ektrem lainnya adalah membebaskan burung untuk mandi kapan saja dia mau.
Baca juga :  Cara Memandikan Burung dengan Campuran Ala Kicau Mania
Thanks for reading Manfaat Memandikan Burung Dengan Cara Dipegang

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »