Home » , » Tips Penting Cara Merawat dan Mengatasi Burung Lovebird Yang Sakit

Tips Penting Cara Merawat dan Mengatasi Burung Lovebird Yang Sakit

Cara Merawat dan Mengatasi Burung Lovebird Yang Sakit - Lovebird merupakan salah satu hewan peliharaan paling banyak dibudidayakan oleh para pecinta burung. Bahkan sekarang sekarang tidak jarang orang yang melombakan lovebird untuk mencari mana kicauan yang paling bagus. Namun, jika lovebird terserang penyakit maka akan sulit untuk melihatnya aktif. Maka diperlukan cara mengobati lovebird sakit yang baik untuk dapat membuatnya semakin sehat dan aktif kembali berkicau.
Cara Merawat dan Mengatasi Burung Lovebird Yang Sakit
Cara Merawat dan Mengatasi Burung Lovebird Yang Sakit
Selain sakit, terdapat juga beberapa lovebird yang mudah mengalami gejala seperti sedang mengantuk yang sebetulnya kurang baik untuk kesehatannya. Bisa jadi ngantukan akan berlanjut dengan penyakit yang tentunya tidak diinginkan.

Untuk itu dibutuhkan cara mengatasi masalah ngantukan yang terjadi pada burung lovebird kesayangan anda sehingga tidak membuat Anda bingung ketika burung Anda mengalami gejala seperti ini karena sudah tahu cara mengatasinya.

Merawat lovebird yang sakit tentunya tidak bisa sembarangan. Anda membutuhkan beberapa cara yang tepat sehingga lovebird Anda bisa menjadi lebih baik lagi kesehatannya. Maka dapat disimpulkan, lovebird pun bisa aktif kembali dan juga dapat Anda ajak bermain kembali. Berikut ini kita memahami dahulu ciri yang bisa kita lihat saat lovebird sedang sakit.
  1. Nafsu makan burung lovebird anda menurun diiringi dengan seringnya lovebird mengkonsumsi air. Gerakannya kurang lincah dan lebih sering berdiam diri juga bisa mengindikasikan burung sedang sakit.
  2. Burung lovebird yang ngantukan biasanya tidak suka beraktifitas seperti saat sedang sehat. Bulunya yang kusam dan kusut serta mengembang bisa jadi salah satu gejala lain yang sangat jelas untuk menjadi perhatian khusus anda.
  3. Pada bagian kepala, bulu lovebird akan berdiri atau jingkrak dan tidak rapi rambutnya seperti ayam jago. Sayap yang terkulai dan jenis kotoran yang cair bisa jadi salah satu indikasi yang harus diwaspadai.
  4. Untuk bagian pernapasan, agar kita dapat mengetahui cara mengobati lovebird yang sakit ini tentunya juga ditandai dengan nafas yang tidak teratur. Paruhnya sering terbuka seperti lovebird yang kepanasan. Hal ini juga cukup berpengaruh pada burung yang akhirnya berdiri kurang seimbang dan cenderung gemetar.
Cara Merawat dan Mengatasi Burung Lovebird Yang Sakit
Cara Merawat dan Mengatasi Burung Lovebird Yang Sakit
 Cara Mengatasi Lovebird Yang Sakit
Seperti yang telah kita ketahui dari penjelasan diatas bahwa burung yang ngantukan merupakan gejala burung tersebut sedang sakit. Oleh karena itu, cara mengatasinya bisa dilihat dengan cara sebagai berikut.

a. Jangan lupa untuk selalu mengecek kebersihan sangkar agar lovebird tidak terkontaminasi oleh bakteri yang membuatnya rentan sakit dan juga nyaman untuk dibuat tempat tinggal bagi lovebird tersebut. Anda juga harus mengecek bagaimana asupan gizi yang diberikan pada lovebird tersebut sehingga Lovebird tidak kekurangan nutrisi untuk menjaga kekebalan tubuhnya.

b. Anda harus secara rutin menjemur lovebird kesayangan Anda. Hal ini penting dimana sinar matahari mampu membuat lovebird merasa hangat dan sehat sebagai Cara Merawat dan Mengatasi Burung Lovebird Yang Sakit. Jangan membiarkan lovebird berada dalam ruangan. Paling tidak 15 menit sudah cukup untuk waktu jemur lovebird Anda.
 Baca Juga: Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu / Over Birahi Dengan Terapi Embun
c. Hindari hal yang membuat burung menjadi stress sehingga hanya mengalami sedikit kemungkinan bagi burung untuk sakit.

Cara di atas dapat anda lakukan setiap hari bahkan sebelum lovebird Anda terkena penyakit sebagai langkah pencegahan Lovebird sakit. Hal ini sangat penting untuk anda perhatikan karena dengan mengatasi lovebird ngantukan ada kemungkinan lovebird kemudian tidak terserang penyakit.

Tentu saja kesembuhan dari ngantuk tidak akan membuat burung menjadi sakit selama kita tahu cara merawatnya dan mencegahnya. Semoga informasi Cara Merawat dan Mengatasi Burung Lovebird Yang Sakit bisa membantu Anda merawat lovebird dan jangan lupa berikan vitamin dengan teratur.
Thanks for reading Tips Penting Cara Merawat dan Mengatasi Burung Lovebird Yang Sakit

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »