Home » , , » Tata Cara Perawatan Burung Lovebird Lutino Mulai dari Ciri, Sifat, Perawatan dan Pakan Hariannya

Tata Cara Perawatan Burung Lovebird Lutino Mulai dari Ciri, Sifat, Perawatan dan Pakan Hariannya

Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang sekarang sangat populer dikalangan kicau mania. Seperti yang kita ketahui, burung Lovebird memiliki beraneka ragam jenis,salah satunya yang sangat digemari yaitu jenis Lutino. Lovebird. Lutino yang memiliki nama latin Agapornis Roseicollis sering kali didaftarkan lomba.

Burung ini memberikan daya tarik tersendiri. Mulai dari bulunya yang bersih,warnanya yang menarik dan kicauannya yang unik. Menurut sejarah, burung Lovebird Lutino ini berasal dari hasil kawin silang antara beraneka ragam burung lovebird.

Burung mungil nan cantik ini mempunyai nilai jual yang cukup mahal.Bukan hanya itu, burung lovebird lutino tergolong jenis burung kontesan yang selama ini sudah banyak di buru oleh para orang pecinta lovebird.

Tata Cara Perawatan Burung Lovebird Lutino Mulai dari Ciri, Sifat, Perawatan dan Pakan Hariannya
Lovebird Lutino
Awalnya jenis burung Lovebird Lutino ini sangat langka dan harganya pun cukup menguras isi dompet. Seiring dengan berjalannya waktu, jenis burung ini banyak sekali yang membudidayakan sehingga anda dengan mudah dapat mendapatkan burung ini dengan harga yang relatif standart.Burung Lovebird Lutino memiliki sifat dan ciri yang sangat unik. Berikut ini penjelasan Tata Cara Perawatan Burung Lovebird Lutino Mulai dari Ciri, Sifat, Perawatan dan Pakan Hariannya:

SIFAT BURUNG LOVEBIRD LUTINO

Sebelum anda merasa tertarik untuk membudidayakan burung lovebird lutino maupun merawatnya untuk dijadikan sebagai binatang peliharaan, alangkah baiknya terlebih dahulu anda mengenali sifat-sifatnya agar dapat merawatnya dengan maksimal. Lovebird Lutino ini termasuk kedalam golongan yang mudah terkena penyakit dan sangat sensitif sekali. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memperhatikan kebersihannya baik dari segi kandang maupun makananannya setiap hari.Selain sifat anda juga harus mengetahui ciri-cirinya agar tidak tertipu dengan jenis burung lovebird yang lainnya.

CIRI-CIRI BURUNG LOVEBIRD LUTINO

Ciri-ciri lovebird lutino ialah warnanya sangat didominasi dengan warna kuning dan merah. Di bagian wajah dan paruhnya, biasanya berwarna merah. Tapi ada juga beberapa lovebird lutino yang memiliki warna merah hingga bagian dadanya. Ujung sayapnya biasanya berwarna putih dan berwarna pink sedikit pucat. Sebagian matanya juga ada yang berwarna merah.

Perawatan Harian Burung Lovebird Lutino

Biasakan untuk memandikan burung Lovebird ini Pagi dan Sore hari. Ingat sebelum dimandikan diangin-anginkan terlebih dahulu setelah itu baru dimandikan dan dijemur secukupnya dan diangin-anginkan kembali agar kering. Alangkah baiknya khusus lovebird lutino diberikan kerodong (penutup kandang) double.
Tata Cara Perawatan Burung Lovebird Lutino Mulai dari Ciri, Sifat, Perawatan dan Pakan Hariannya
Lovebird Lutino
Pada bagian kandang tidak terlalu sulit, gunakan saja kandang yang terbuat dari jeruji besi maupun kawat. Selain itu jangan lupa didalam kandang dikasih kayu tempat untuk bertengger.Anda bisa memberikan pakan berupa Ebod lovebird dan anda juga bisa memberikan beberapa jenis tumbuhan seperti jagung muda,kangkung dll yang bisa anda berikan 2 kali sehari.

Pakan Khusus Untuk Lovebird Lutino

Ingatlah, jenis burung lovebird ini sangat sensitif sekali dan jika salah dalam pemberian makannya, maka bisa menyebabkan sakit dan bahkan berujung pada kematian. Selalu perhatikan pakan yang anda berikan setiap harinya kaya akan kandungan gizi serta protein untuk menjaga kesehatan lovebird lutino tersebut.
Baca Juga: Tips Cara Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Lengkap
Untuk pakan buatan pabrik tersebut sudah banyak diperjual belikan di toko maupun pasar burung. Sebagai contohnya pakan jenis ebod lovebird. Selain itu juga, pakan tambahan lainnya harus anda berikan misalnya seperti sayur--sayuran, biji-bijian dan juga buah-buahan. Pakan-pakan tambahan yang disebutkan di atas merupakan pakan alami lovebird di alam bebas.

Demikianlah uraian singkat yang bisa saya berikan tentang Tata Cara perawatan jenis burung Lovebird Lutino lengkap dari sifat,ciri,kandang,pakan maupun perawatan sehari-hari.Ingat lovebird lutino sangat sensitif oleh karena itu anda harus hati-hati. Semoga bermanfaat.
Thanks for reading Tata Cara Perawatan Burung Lovebird Lutino Mulai dari Ciri, Sifat, Perawatan dan Pakan Hariannya

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »