Home » , » Cara ternak lovebird untuk pemula lengkap

Cara ternak lovebird untuk pemula lengkap

Beternak burung lovebird merupakan sebuah keasyikan tersendiri. Perlu di ketahui, bahwa membudidayakan burung lovebird sekarang menjadi usaha yang sangat menjanjikan, karena burung cinta ini digemari diberbagai kalangan juga berbagai tempat. 

Menjalani usaha beternak lovebird ini bisa dikatakan jinak jinak burung merpat, alias susah-susah gampang, bagi pemula mungkin bisa dianggap susah tetapi bagi yang sudah mahir, tentu akan mengatakan mudah.  Kabar baiknya buat bagi anda yang ingin memulai usaha ini tidak perlu khawatir gagal, karena kami akan memberikan panduan cara ternak lovebird untuk pemula lengkap.
Cara ternak lovebird untuk pemula lengkap

Lovebird seperti kita ketahui adalah merupakan burung yang berasal dari benua Afrika dan bersifat monogami, tetapi burung ini  juga bisa dikawinkan sistem dengan poligami. Yaitu, satu burung jantan bisa mengawini beberapa burung betina, biasanya dalam bentuk peternakan burung lovebird koloni.

Burung lovebird menjadi idola bagi para breeder karena  selain memiliki warna dan body  yang cantik, burung ini juga mengeluarkan suara yang indah serta unik dengan karakter ngekek panjangnya.

Cara ternak lovebird untuk pemula ini akan mencoba memandu teman-teman yang baru memulai terjun dalam usaha ternak burung lovebird dari awal hinggal mampu ikut perlombaan. Untuk mencapai sukses dalam beternak lovebird anda harus memperhatikan beberapa factor penting terlebih dahulu.


Faktor-faktor dalam beternak lovebird untuk pemula yang lengkap

Pemilihan indukan lovebird yang tepat untuk pemula

Langkah pertama, yang harus dipersiapkan dalam beternak lovebird untuk pemula adalah pemilihan indukannya. Dalam memilih sepasang indukan burung ini, kita harus memilih jenis burung lovebird yang biasanya banyak diminati dipasaran, kebetulan untuk saat ini yang sangat potensial adalah lovebird berjenis kacamata atau kleb.

Beberapa ciri yang harus kita perhatikan dalam memilih indukan burung lovebird adalah sebagai berikut :

Pilih Indukan burung lovebird yang Sehat

Hal terpenting dalam memilih indukan yakni kesehatan burung cinta tersebut. Jangan sampai setelah Anda membeli burung lovebird Anda menyesal, karena burung yang Anda beli adalah burung lovebird yang tidak prima, alias dalam kondisi sakit dan afkiran.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini tanda-tanda burung lovebird yang sehat.

Pertama, perlu diperhatikan bentuk kaki burung. Anda perlu memastikan bahwa kaki burung lovebird dalam keadaan sehat. Kondisi sehat dapat dilihat dari cengkramannya terhadap pijakan kaki, hindari kaki burung yang terlihat lumpuh, jika kaki burung dalam kondisi yang lumpuh, kemungkinan kecil burung tersebut dapat bertahan hidup sangat kecil. Selain itu, pastikan kaki burung dalam kondisi yang kuat dan kekar, tanda burung yang sehat dimulai dari pijakan kaki dan strukturnya yang kuat.

Tanda yang kedua burung lovebird yang sehat adalah dengan melihat bagian kedua mata burung. Pastikan kondisi mata burung dalam keadaan cerah dan bercahaya. Kesehatan mata burung ini dapat dilihat secara langsung dengan mata kita sendiri, seperti halnya terliat warna bening dan cerah pada kedua mata burung lovebird. Hindari pilihan burung yang Anda beli dalam kondisi memiliki kelainan mata bawaan ataupun penyakit mata, seperti snot dan lain sebagainya.

Lovebird yang bermutu tinggi memiliki bola mata yang bulat besar, terlihat tidak layu, jernih, dan tajam dalam memandang.

Pilih indukan Burung Lovebird yang Gesit untuk pemula

Ciri kedua dalam memilih indukan lovebird adalah dengan memilih burung yang memiliki aktifitas fisik lebih banyak, dipastikan dia memiliki kondisi badan yang baik. Nahh, begitu juga ketika kita memilih burung yang gesit dan trengginas, bisa dipastikan bahwa pilihan burung lovebird tersebut sehat secara jasmani. Burung yang memiliki gerak maksimal dan gesit termasuk ciri burung lovebird yang bermutu baik dan merupakan dasaran untuk menjadikannya jago ngekek panjang.


Pilih indukan burung yang Gemar Berkicau untuk diternakkan

Ciri ketiga dari cara memilih indukan lovebird yang baik adalah dengan melihat aktifitas burung itu secara langsung di dalam kandangnya. Memilih burung lovebird yang gemar berkicau dan ceriwis, bisa menjadi salah satu pilihan yang harus Anda ambil dalam memilih indukan lovebird yang bagus dan berkualitas baik.

Kicau burung lovebird juga menandakan bahwa burung tersebut memiliki kondisi sehat, semangat yang membara, tidak lesu atau sayu, dan pastinya memiliki potensi baik untuk ditreatmen menjadi burung yang siap diajak ke ajang lomba, semoga segera mendapatkan kicau ngekek terbaiknya ya.

baca artikel tentang ciri lovebird jago ngekek


Pilih indukan Burung Yang Gemar Makanan

Ciri ke empat untuk memilih indukan lovebird bagi peternak pemula adalah memilih burung Lovebird yang memiliki kecenderungan rakus terhadap makanan, dan ini bisa kita jadikan pilihan juga.

Semakin burung lovebird kita ini gemar makan dan rajin dalam mengisi perutnya, akan mengakibatkan meningkatnya kekebalan tubuh si burung. Pertumbuhannya menjadi baik, dan burung ini seperti layaknya manusia, burung yang gemar makan menandakan bahwa tubuhnya memiliki hasrat yang tinggi dan dalam keadaan yang segar bugar.


Pilih Indukan yang memiliki Bulu Rapat, Bersih, Tidak Kusam

Ciri ke lima dalam memlih indukan untuk beternak lovebird untuk pemula lengkap adalah memperhatikan bulu yang menempel di tubuh lovebird. Keindahan burung lovebird adalah terletak pada keindahan bulunya yang unik.

Dalam memilih indukan burung lovebird yang baik dan bermutu, kita harus memperhatikan kualitas bulu yang menempel pada tubuh burung tersebut. Usahakan bulunya rapat (tidak bercelah), rapi, dalam keadaan bersih (tidak kotor atau kusam), sedikit mengkilat warnanya. Karena ini adalah salah satu tanda indukan tersebut dalam kondisi baik.


Pilih indukan dengan Postur Tubuh Proposional

Burung lovebird yang sehat dan cantik, harus memiliki postur tubuh yang menarik, itu maksudnya adalah memiliki keseimbangan antara leher, tubuh, dan kaki yang cocok. Terkadang ada burung yang memiliki leher panjang akan tetapi tubuhnya lebih kecil. Burung demikian tentu kurang bagus bila dijadikan indukan.


Pilih indukan yang memiliki Kepala Besar

Ciri ketujuh dalam memlih indukan adalah Bagian kepala pada burung Lovebird usahakan lebih besar, karena kepala besar pada burung menandakan besarnya pula nyali si burung. Burung lovebird yang memiliki nyali besar biasanya tidak takut pada lawan. Ketika memiliki mental yang sudah kuat, maka burung sudah siap untuk terjun dalam lomba gantangan ataupun latihan bersama.

Karena, Lovebird yang memiliki bentuk tubuh bagus dan cantik akan menambah penilaian tersendiri ketika terjun di arena perlombaan.


Pilih Indukan Lovebird yang memiliki Sayap dan Kakinya Mengapit

Salah satu pertanda burung Lovebird dalam keadaan sehat yakni sayap dan kakinya dalam posisi mengapit. Cengkraman kaki yang kuat pada pijakan juga menandakan keadaan tubuh kokoh yang stabil. Burung Lovebird yang sakit akan merebahkan badannya dan membuka sayap dan kakinya, dengan terlihat lebih lemas dari pada kebanyakan burung umumnya.

Setelah kita mendapatkan indukan burung lovebird yang berkualitas, setidaknya berkualitas menurut ciri-ciri diatas. Maka selanjutnya kita akan menuju ke faktor ke dua cara ternak lovebird untuk pemula lengkap ini.


Cara Merawat Burung Lovebird

Ini adalah faktor kedua dalam proses dan cara ternak lovebird untuk pemula lengkap. Untuk mendapat burung Lovebird yang berkualiatas dan multitalenta (serba guna) bukanlah hal yang mudah tetapi juga tidaklah susah seperti kata orang bilang.

Burung Lovebird sejatinya butuh perawatan, perlu diberikan makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Untuk perawatan itu perlu disesuaikan dengan karakter dan jenis burung Lovebird yang sedang kita pelihara.

Cara Merawat Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang sebenarnya tidak sulit untuk diterapkan. Beberapa hal yang menjadi perhatian kita ketika beternak burung lovebird ini ketika kita seorang pemula adalah dengan membiasakan diri melakukan hal-hal berikut untuk burung cinta peliharaan kita.


Memandikan burung Lovebird sampai basah kuyup.

Memandikan burung ini bisa memicu stamina burung, sehingga dengan diperlakukan secara spesial, akan sangat memungkinkan untuk membuatnya bisa ngekek panjang dan menjadi burung yang juara. 

Burung lovebird yang sedang menjalani perawatan mandi ini, perlu dimandikan di siang dan pagi hari. Catatan khususnya adalah, setelah burung basah kuyup tetap harus dijemur dibawah sinar matahari, atau di jemur secara langsung. Sementara, cara memandikan burung itu, boleh dengan menggunakan sprayer.


Kebutuhan Makannya di cukupi dan ditambahi nutrisi

Kebutuhan pakan setiap harinya juga berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan. Makanan yang diberikan harus cukup nutrisi dan diberikan secara bervariasi. Misal hari ini diberi jenis pakan A, besok diberi jenis pakan B. kalau tidak diselang-seling akan terjadi hal buruk yang berupa kegendutan atau enggan mengeluarkan suara.

Sebelum burung Lovebird dilombakan dalam lomba resti atau latihan bersama. Pastinya burung lovebird sudah jauh-jauh hari dipersiapkan mental dan staminanya. Cara Merawat Burung Lovebird Juara akan mudah terbantu jika si perawat rutin memberikan treatmen dan melakukan perawatan secara harian.


Keamanan burung harus diprioritaskan

Burung lovebird yang sedang kita pelihara akan baik mentalnya kalau berada dalam kondisi yang aman dan nyaman dari gangguan. Gangguan yang mungkin menyerang selain dari faktor manusia, tentu ada gangguan hewan seperti tikus, ular, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, penempatan burung lovebird ini harus betul betul diperhatikan jangan sampai kita terlena. Kandang yang terpisah dalam satu ruangan harus dipastikan ruangannya dalam kondisi rapat dan mendapatkan suplai udara dengan baik, dan pada kondisi ideal.

Untuk perawatan mental sendiri diperlukan beberapa perawatan sebagai berikut.
Perawatan jangka panjang dilakukan jauh hari sebelum lomba. Sering memindah-mindah lokasi gantungan burung Lovebird, hal ini memiliki maksud dan tujuan untuk melatih mentalnya agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dengan mudah. Jadi ketika dibawa ke arena lombapun dengan kondisi lingkungan yang berbeda, burung lovebird tetap seperti biasanya ketika dirumah. Apalagi dalam lomba itu burung Lovebird bertemu dengan keramaian orang.

Enam hari sebelum lomba banyak di sendirikan agar tidak melihat burung lainnya. Dicukupi dengan makan biji-biji EF 3 sampai 2 hari sebelum lomba untuk memberi tamabahan stamina. Sehari sebelum lomba dijemur sebentar kurang lebih 20 menit. Dan diberikan kangkung segar satu jam sebelum lomba.

Biasanya burung Lovebird yang jantan lebih gacor dari pada betina. Mengganti pakanan jenis millet yang lama dengan yang baru dalam rentang waktu dua kali sehari. Memberikan pakan biji-bijian dan sayuran yang variatif. Hal ini bertujuan untuk memerikan nutrisi yang berupa protein, mineral,karbohidrat dan vitamin yang cukup.

Memberikan extraa food (EF) merupaka makanan tambahan utuk memenuhi nutrisi burung Lovebird. EF bisa berupa buah-buahan yang segar, yang jika ada isinnya harus dibuang dulu. Bua-buahannya bisa berupa apel, pisang, pepaya dan lainnya.

Kebersihan kandang juga merupakan hal yang terpenting. Buanglah kotoran dari sangkarnya setiap hari. Tidak lupa juga untuk mengganti minumannya setiap hari. Sebaiknya air yang digunakan untuk minum itu adalah air yang sudah matang, airnya dimasak dahulu atau dengan memberikan minuman mineral yang baik.

Kenyamanan lingkungan berpengaruh juga terhadap kicaun burung Lovebird. Pastikan burung Lovebird berada pada suasana nyaman dan tenang. Jauhkan dari jangkauan anjing, kucing dan tikus. Gangguan tersebut bisa mengganggu mental dan suara burung Lovebird. Suasananya dibuat asri sejuk sehingga burung Lovebird nyaman dan cepat mengeluarkan suara gacor dan ngekeknya.

Langkah terakhir dari treatmen untuk burung lovebird bagi pemula adalah dengan melakukan pemasteran. Pemasteran dilakukan untuk memancing suara burung Lovebird dengan mp3 player dan di lakukan di ruangan khusus, dengan kondisi burung di tutupi krodong sangkarnya.

 Suplemen dan Vitamin untuk Lovebird

Tidak hanya manusia yang membutuhkan vitamin, begitu juga halnya dengan burung Lovebird kesayangan kita, ternyata juga membutuhkannya. Vitamin bisa dilengkapi dengan suplemen agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Adapun Jenis Vitamin Burung Lovebird dan suplemennya bisa Anda simak berikut ini.

Ebod vit merupkan multivitamin untuk menghilangkan dan menghalau stres, meningkatkan stamina, menambah nafsu makan, menjaga keseimbangan tubuh burung, dan merangsang burung Lovebird untuk mengeluarkan suara ngekek panjangnya.

Stamino merupakan multivitamin untuk menjaga dan meningkatkan perfoma burung saat sedang mengikuti lomba. Selain itu juga dapat membuat suara burung Lovebird menjadi lebih lenting dan garing. Sehingga stamino itu sangat cocok sebagai Vitamin Burung Lovebird supaya gacor lebih cepat.

Viagaro merupakan suplemen probiotik yg mengandung mikrobakteri, mineral dan multivitmin. Fungsinya sebagai antibiotik, vitamin dan anti oksidan yang lebih dikhususkan untuk stamina burung Lovebird.

Orbird merupakan nutrisi alami yang berasl dari bahan organik, herbal madu asli tanpa campuran. Orbird sebagai suplemen untuk mencegah dan mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang menyerang. Sangat baik untuk memacu pertumbuhan burung Lovebird secara sehat.

Smart NHB adalah suplemen yang sangat membantu berbagai jenis burung Lovebird supaya aktif berkicau lebih panjang. Selain itu juga bisa mengobati kicauan burung yang kurang aktif, lesu dan macet untuk berbunyi.

Bionic high performance sebagai suplemen yang cocok untuk meningkatkan kicauan burung. Cocok untuk burung Lovebird yang suka memilih-milih air minum.

RB+ merupakan suplemen yang berfungsi untuk menningkatkan birahi burung, meningkatkan kerja burung di lapangan dan membuat burung lebih aktif berkicau. Suplemen ini megandung squalen dan minyak jangkrik yang aman untuk berbagai jenis burung.

Squaplus sebagai suplemen untuk mengatasi gangguan metabolisme, anabolisme dan katabolisme burung. Squaplus juga bisa mengatasi masalah kicauan burung setelah mabuk dan burung ngriwik.

Biojanna 6 sebagai nutrisi prebiotik dan antibiotik dapat membuat gerakan burung menjadi lincah dan gesit, vitamin ini mampu memperbaiki sistem pencernaan dan menambah daya nafsu makan. Selain itu juga bisa mempercepat pertumbuhan bulu muda dan mampu mengobati peradangan yang terjadi pada mata burung kesayangan kita.

Selain itu juga ada suplemen Moncer 1 yang dapat mengatasi macetnya kicauan karena stres dan ngurak. Selain itu juga bisa mengatasi keterlambatan datangnya birahi burung dan mampu mendongkrak stamina lovebird secara baik.

Setelah melalui beberapa proses cara ternak lovebird untuk pemula lengkap diatas, tahapan selanjutnya adalah mengikutkan burung peliharaan kita ke ajang lomba yang rajin di gelar di sekitar rumah tinggal kita.

Tidak harus menjadi pemenang pada periode awalnya, karena mengasah mental burung ini lebih penting untuk pertama kali. Ketika mental sudah terbentuk, baru kita bisa berharap banyak burung gacoan kita bisa mendapatkan trophy dalam ajang perlombaan yang sedang di gelar.

burung lovebird memerlukan perhatian dalam perawatan hariannya. hal ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan kita dalam merawatnya. Burung lovebird yang baik dengan ngekek panjang tidak mungkin didapatkan dengan hasil yang instan, tetapi membutuhkan pengorbanan dan waktu yang lumayan membutuhkan kesabaran para peternak burung cinta ini.

Semoga artikel tentang cara ternak lovebird untuk pemula lengkap ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan anda.


Thanks for reading Cara ternak lovebird untuk pemula lengkap

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »