Home » » Cara Alami Membasmi dan Menghilangkan Kutu pada Lovebird

Cara Alami Membasmi dan Menghilangkan Kutu pada Lovebird

Lovebird atau burung cinta adalah jenis burung yang mulai digandrungi belakangan ini, Ia memiliki suara yang khas dan cantik. Akan tetapi selain suara yang khas, Ia juga memiliki bulu dengan warna dan corak yang cantik. Lovebird adalah burung peliharaan yang memiliki warna warna cerah nan cantik menawan, dengan tingkah laku yang gesit dan menyenangkan.

Membasmi dan menghilangkan kutu pada lovebird


Meskipun istimewa seperti itu maka tidak mengherankan banyak orang yang berlomba menjadi breeder (peternak) burung ini. Akan tetapi, kecantikan bulu dan kelincahan gerakan, dan juga merdu suaranya sering terganggu dengan adanya kutu-kutu yang menghinggapi tubuh mungilnya.

Kalau sudah seperti ini, maka langkah kita sebagai breeder burung lovebird harus segera tanggap dan mengeluarkan jurus terbaik agar kutu-kutu di tubuh lovebird bisa segera hilang.
kutu pada lovebird biasanya menempel di bulu dan kulit pada burung, pada saat kutu ini bergerak atau menggigit kulit burung lovebird kita, maka burung akan merasa gatal dan otomatis tidak berkicau karena berusaha mematuk kutu yang telah menggigitnya itu dengan paruhnya.

Sebenarnya kutu pada burung bisa diobati dengan metode yang sederhana dan mudah, serta alami. Alami di sini maksudnya adalah dengan menggunakan bahan-bahan disekitar lingkungan kita, dan bukan buatan pabrik, meskipun ada obat untuk burung  lovebird yang berkutu dengan memakai bahan kimia (insektisida). Akan tetapi menggunakan obat alamai untuk menghilangkan kutu tersebut akan lebih baik hasilnya. Apabila dipaksakan dengan obat pabrik, untuk menghilangkan kutu bisa berakibat fatal jika kita tidak tepat dalam menakar takarannya.

Mencegah dan Membasmi Kutu pada Lovebird

Kutu memiliki karanter sangat mengganggu. Hal ini disebabkan selain akan membuat bulu-bulu cantik dan cerah lovebird menjadi rusak dan berantakan, kutu-kutu tersebut biasanya juga akan mempengaruhi dan merubah perilaku burung lovebird ini.

Mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati. Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membasmi dan menghilankan kutu pada lovebird, kita perlu tahu tanda-tanda awal burung lovebird peliharaan kita yang terjangkiti oleh kutu:

  1. Burung peliharaan kita akan gemar mencabuti bulunya dengan paruhnya sendiri.
  2. Bulu kecil yang baru saja tumbuh pada tubuh burung lovebird ini akan mudah rontok.
  3. Burung lovebird jadi malas untuk mengoceh, dikarenakan sibuk mematuki kutu di tubuhnya
  4. Burung lovebird akan terlihat lesu dan tidak bersemangat.


Dari tanda-tanda tersebut diatas, kita bisa memikirkan cara mencegah timbulnya kutu pada burung lovebird ini, yaitu dengan:

Menjaga kebersihan burung dan kandang

Burung lovebird yang dihinggapi kutu biasanya adalah burung yang kurang bersih dan jarang dimandikan. Oleh karena itu, jika burung kita ingin terhindar dari kutu yang menjengkelkan, sebaiknya jaga kebersihan burung lovebird tersebut dengan memandikannya secara rutin. Mandikan burung lovebird setiap hari, minimal 1 kali dalam sehari agar lovebird terhindar dari kutu.

Selain burungnya kita mandikan, kebersihan kandang juga harus dijaga. Kalau perlu semprot dengan disinfektan setiap 3-4 kali sehari pada bagian bawah kandang. Dan harus kita ingat, kandang burung yang kotor dan jarang dibersihkan memiliki potensi melahirkan kutu lebih banyak dari pada kandang yang bersih.

Mengatasi Kutu Pada Lovebird

Nah, apabila pencegahan yang kita lakukan di atas dengan memandikan burung secara rutin dan kebersihan kandang sudah kita jaga, tetapi kutu tetap ada. Maka untuk mengatasi kutu lovebird kesayangan kita sangatlah mudah, cara yang efektif adalah dengan menggunakan cara sebagai berikut :

Mengatasi Kutu pada burung lovebird dengan air rendaman daun sirih

Kita bisa menggunakan rendaman dan atau rebusan air yang dicampur dengan daun sirih untuk membersihkan kutu yang membandel pada tubuh burung lovebird, adapun cara yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan 10 helai daun sirih lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih.
  2. Lalu diamkan sejenak sampai benar-benar dingin
  3. baru kemudian kita saring air rebusan daun sirih tersebut
  4. Setelah kita pastikan dingin airnya, kita bisa menyemprotkan air rendaman tersebut secara merata ke tubuh burung lovebird.
  5. Lakukan penyemprotan ini secara rutin setiap burung Anda akan dimandikan agar kutu-kutu pada burung menjadi hilang.

Selain dengan cara yang alami diatas, jika kutu yang menempel pada lovebird masih membandel dan menjengkelkan. Kita bisa mengambil langkah alternatif, yaitu dengan menyemprotkan air yang dicampur dengan  OrBird pada bulu-bulu halusnya sehingga tembus sampai kulitnya yang gatal.
Jika dilakukan secara rutin, maka kutu kutu pada lovebird akan menghilang dengan sendirinya.

Demikian artikel tentang Cara membasmi dan menghilangkan kutu pada lovebird. Yang paling penting adalah menjaga kebersihan burung, kandang dan perlengkapannya yang ada dalam kandang. Dengan langkah pencegahan itu, sebenarnya kita sudah unggul satu langkah dalam memastikan burung lovebird sehat dan indah, tidak terganggu oleh kutu-kutu yang mengganggu.


sumber :budidayakenari.com
Thanks for reading Cara Alami Membasmi dan Menghilangkan Kutu pada Lovebird

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »