Home » , » Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur Paling Ampuh

Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur Paling Ampuh


Ketika kita memiliki burung lovebird dan berniat menjadikannya sebagai usaha kecil kecilan di rumah dengan berusaha beternak secara koloni agar memiliki anak yang banyak, dan darinya kita kemudian bisa menjual sebagian besar burung lovebird yang kita pelihara. Maka, kita harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara agar lovebird cepat bertelur paling ampuh.

cara agar lovebird cepat bertelur paling ampuh


Seperti yang pernah kita bahas pada artikel artikel sebelumnya. Lovebird atau burung cinta adalah burung yang memiliki keindahan warna dan kelucuan dalam bentuknya, sehingga banyak breeder (peternak burung) dan pecinta burung kicau yang menyukai untuk memelihara burung yang terkenal setia ini.

Beternak lovebird memang sangat menjanjikan. Apalagi jika kita mampu memiliki pengetahuan yang cukup banyak tentang burung cinta ini. Sangat mungkin pundi-pundi uang kita akan semakin bertambah jika kita berhasil beternak lovebird ini baik secara single, maupun koloni.
(baca juga artikel tentang beternak lovebird secara koloni)

Naah, salah satu kendala yang sering kali dialami oleh para peternak lovebird adalah keengganan burung lovebird betina untuk bertelur. Menjadi kendala karena untuk menghasilkan jumlah lovebird yang banyak, kita memerlukan para betina itu untuk bertelur bukan? Meskipun pada akhirnya kita tidak akan menjual lovebird dari hasil telur yang dihasilkan para betina, setidaknya kita bisa menambah koleksi burung cinta ini di rumah kita.

cara agar lovebird cepat bertelur paling ampuh

 Banyaknya para breeder (peternak burung lovebird) yang mengalami kesulitan untuk membujuk lovebird betina peliharaannya bertelur padahal sudah cukup usia. Oleh karena itu, artikel tentang cara ternak lovebird cepat bertelur paling ampuh ini akan kita mulai pembahasan tips tips mudah dan singkatnya agar bisa di praktekkan di rumah teman-teman semua.

1. Masukkan Lovebird lain yang bukan pasangannya ke dalam satu ruangan beda kandang

Cara ampuh yang bisa di coba untuk pertama kali adalah dengan menempatkan pasangan lovebird lain dalam satu ruangan, namun kandang dipisahkan. Cara ini terbukti memberikan efek yang sangat efektif, hal itu di karena kan suara dari lovebird betina lain yang sedang bertelur dapat memberikan pancingan kepada lovebird betina yang enggan bertelur itu untuk segera ikut kawin dan akhirnya bertelur juga.

 2. Menggunakan lampu full spektrum

Cara yang kedua yang bisa di coba setelah cara pertama tentang cara agar lovebird cepat bertelur adalah menggunakan bantuan Lampu full spektrum. Lampu ini  memiliki keistimewaan membuat burung lovebird merasa nyaman dan sejuk. Dengan merasa nyamannya burung betina itu, sehingga mempercepat waktu bertelur indukan betina.

Lampu full spektrum memiliki ciri ciri suhu warna 5500 K (Kelvin), dan memiliki karakter cahaya yang serupa dengan sinar matahari menyinari bumi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan burung termasuk lovebird peliharaan kita.

Lampu full spektrum ini bisa kita tempatkan di atas kandang, dan kita juga memiliki keleluasaan untuk mengatur jadwal lampu ini akan dinyalakan. Untuk menambah kealamian kandang, sebaiknya selalu matikan lampu di malam hari, agar hawa alam liar bisa merasuk ke dalam diri lovebird.

3. Merubah pakan dan minum lovebird

Lovebird betina yang segan untuk bertelur bisa kita akali dengan merubah menu makanan yang kita berikan setiap harinya. Contoh mudahnya, kita bisa memberikan makanan kepada lovebird makanan yang memiliki kandungan hormon pemicu burung segera bertelur.  

Beberapa pakan yang menjadi rujukan kita antara lain biji kwaci, kangkung, tauge, dan tulang sotong. Untuk minum kita bisa memberikannya secara periodik hormon pemicu burung bertelurnya melalui minuman yang kita hidangkan.

 4. Memasang kotak sarang dalam Kandang

Langkah ke empat yang bisa dilakukan sebagai cara agar lovebird cepat bertelur  adalah dengan memberikan kotak sarang atau biasa disebut gelodok di dalam kandangnya. Kotak sarang yaitu sebuah tempat kecil yang kita siapkan untuk lovebird, di mana burung cinta ini akan bertelur dan mengerami telurnya.

Oleh karena hal itu kita betul betul hasus memperhatikan ukuran kotak sarang dan penepatannya dalam kandang secara pas dan tepat agar lovebird betina cepat bertelur. Untuk ukuran kotak sarang sangat baik jika tidak terlalu besar, tentunya proporsional dengan ukuran kandang.

Dengan memberikan sarang yang ukurannya pas dan sesuai ukuran lovebird itu sendiri. Lubang pintu jangan terlalu besar, akan tapi perlu disesuaikan dengan ukuran tubuh lovebird. Untuk luas bagian dalamnya sarang itu sebaiknya tidak terlalu luas, tetapi jangan sempit juga. Sangat baik jika kita memberikan serutan kayu di dalam kotak setebal 2,5 cm, ini karena lovebird memiliki kebiasan menyusun sarangnya kembali secara mandiri.

5. Memberikan suplemen untuk burung lovebird agar cepat bertelur

Ini cara yang cukup instan yaitu dengan memberikan suplemenbagi lovebird betina, karena instan, ini bukan rekomendasi awal, dan bukan cara yang wajib anda lakukan. Kita boleh-boleh saja memberikan suplemen, dan boleh juga untuk tidak memberikan suplemen kepada burung peliharaan kita.

Tetapi yang menjadi perhatian dan pertimbangan kita, pemberian suplemen dapat menambah birahi lovebird jantan dan betina, suplemen ini tentunya akan meningkatkan peluang telur lovebird menetas, dan menjaga kesehatan anakan lovebird yang akan menetas. Sangat baik apabila kita memilihkan suplemen yang terpercaya kualitasnya dan sudah mendapatkan rekomendasi para ahli atau dokter hewan.

6. jauhkan dari gangguan hewan lain

Langkah terakhir sebagai cara agar lovebird cepat bertelur paling ampuh adalah dengan menjauhkannya dari gangguan hewan lain. Saat ini, pengganggu lovebird yang banyak dijumpai di tempat tinggal kita adalah keberadaan tikus, tokek, dan cicak. Kalau di luar rumah yang dikelilingi kebun, kadangkala burung lovebird ini diganggu oleh ular dan burung liar yang berada bebas di sekeliling kita tanpa sepengetahuan kita keberadaannya.

Dengan menjauhkan burung lovebird betina dari gangguan hewan lain, mungkin merupakan cara alternatif seandainya cara-cara diatas belum juga berhasil memancing burung betina cepat bertelur.
Semoga informasi ini bermanfaat.


Thanks for reading Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur Paling Ampuh

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »