Home » , » Cara Ampuh Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebrid

Cara Ampuh Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebrid

Cara Ampuh Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebrid - Menangani lovebird yang mengalami kerontokan sebenarnya gampang-gampang susah, bagi breeder junior pasti akan terlebih dahulu kebingungan untuk mengatasi hal ini. Akan tetapi untuk breeder yang sudah pengalaman hal ini bukanlah masalah yang terlalu besar.

Cara Ampuh Mengatasi Buru Rotok Pada Lovebrid

Karena mereka pasti sudah mengetahui cara-cara merawat burung yang mengalami kerontokan, jadi menangani masalah kerontokan pada burung bukanlah pekerjaan yang menyulitkan mereka.
Berbicara mengenai kerontokan burung, sebenarnya untuk mengatasi hal ini yang paling baik adalah dengan mengetahui sebab-sebab terjadinya kerontokan. Karena dengan mengetahui penyebabnya maka kita akan mudah untuk mengatasi dan menangani kerontokan burung tersebut.

Mengatasi Kerontokan Bulu Pada Lovebird
Kerontokan lovebird sebenarnya terjadi karena 3 hal, yaitu karena proses mabung, terjangkit kutu, atau karena Ia sedang menderita sebuah penyakit. untuk mengatasi kerontokan bulu pada burung tersebut, Anda harus memperhatikan 3 penyebab umum di atas. Lalu apakah maksud dari 3 hal di atas? Untuk mengetahui jawabannya Anda bisa perhatikan materi berikut.
Baca juga :  Cara Mengobati Lovebird Lumpuh
Jika Anda ingin mengatasi masalah kerontokan pada burung, sebaiknya Anda perhatikan penyebab-penyebabnya. Dan berikut beberapa diantaranya:

1. Proses mabung
Proses ini adalah proses alami yang biasa dilalui burung, dalam proses ini bulu burung akan rontok dengan sendirinya. Akan tetapi walaupun rontok, bulu-bulu tersebut akan tumbuh lebat kembali seperti semula. Jika burung Anda sedang mengalami mabung maka sebaiknya Anda berikan nutrisi yang baik untuknya, pasalnya nutrisi seperti protein sangatlah mereka butuhkan karena dapat membuat bulu mereka kembali tumbuh dengan cantik.

Selain itu Anda juga harus mendesain ulang sangkar burung agar si burung tidak merasa kedinginan, atau Anda juga bisa menggunakan kredong untuk menghangatkan tubuh burung dan melindunginnya dari cuaca yang dingin

2. Terkena penyakit
Penyebab kerontokan bulu pada lovebird juga bisa dikarenakan penyakit yang sedang Ia derita, penyakit-penyakit tersebut akan membuat burung tersebut mengalami gejala yang membuat bulu mereka rontok. untuk mengatasi ini sebaiknya Anda serahkan burung Anda untuk dilakukan penanganan lebih lanjut oleh dokter hewan, atau jika penyakitnya ringan maka Anda bisa melakukan penanganan mandiri

3. Terjangkit kutu
Kutu juga bisa membuat bulu burung ini rontok, pasalnya rasa gatal karena kutu akan membuat burung ini menggaruki bulu mereka dan ujung-ujungnya pun bulu-bulu tersebut akan rontok. untuk mengatasi hal ini Anda bisa memandikan burung Anda secara rutin setiap hari, selain itu Anda juga bisa gunakan obat anti-kutu yang dijual di toko burung

Segela penyakit sebenarnya bisa dicegah, namun bila sudah terlanjur terkena penyakit, maka segera lakukan pengobatan.

Cara-cara mengatasi bulu lovebird yang rontok di atas bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kerontokan bulu pada burung Anda. Akan tetapi sebaiknya sebelum terjadinya kerontokan ada baiknya Anda lakukan tindakan pencegahan dengan cara merawat kebersihan burung dan sangkarnya, caranya dengan rutin membersihkan tubuh burung dengan mandi, selain itu Anda juga bisa membersihkan sangkar burung secara rutin setiap hari agar burung merasa lebih nyaman dan terbebas dari kutu.
Thanks for reading Cara Ampuh Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebrid

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »